Terkuak! Ini Bocoran Tanggal Peluncuran iPhone 16

Rika Anggraeni
Senin, 5 Agustus 2024 | 11:15 WIB
iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru dipamerkan dalam acara Wonderlust di Cupertino, California, AS, 12 September 2023./Reuters
iPhone 15 dan iPhone 15 Plus terbaru dipamerkan dalam acara Wonderlust di Cupertino, California, AS, 12 September 2023./Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa teknologi Apple diperkirakan akan meluncurkan seri iPhone 16 pada 10 September 2024. Kabarnya, seri iPhone 16 diperkirakan akan mulai dijual di pasar pada 20 September mendatang.

Artinya, masih ada waktu sekitar sebulan dari sekarang Apple akan meluncurkan seri terbarunya. Namun, sudah ada banyak bocoran warna dan spesifikasi yang beredar dari seri iPhone 16.

Melansir dari Gizmochina, Senin (5/8/2024), terungkap gambar iPhone seri terbaru yang memperlihatkan warna iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max.

Dikabarkan, iPhone 16 akan tersedia dalam lima pilihan warna berbeda, yaitu putih, hitam, biru, hijau, dan merah muda. Sekadar informasi, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tersedia warna kuning, bukan putih.

Terlepas dari pilihan warna, desain belakang terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan pendahulunya berkat tata letak kamera yang diatur ulang untuk meningkatkan fungsionalitas sistem kamera.

Kemudian, iPhone 16 Pro akan tersedia dalam tiga warna, yaitu natural titanium, white titanium, dan black titanium. Sebelumnya, analis Apple Ming-Chi Kuo melaporkan bahwa 16 Pro dan 16 Pro Max juga akan memiliki opsi warna rose titanium.

Sebagai perbandingan, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max tersedia dalam empat pilihan warna. Mereka di antaranya natural titanium, blue titanium, white titanium, dan black titanium. Dengan kata lain, rose titanium akan menggantikan opsi warna blue titanium.

Kebocoran sebelumnya dari situs microblogging China Weibo juga mengungkap opsi warna rose titanium, opsi warna black titanium yang lebih gelap, dan warna natural titanium yang sedikit lebih gelap.

Menurut sebuah laporan, opsi warna rose titanium sangat diantisipasi untuk iPhone 16 Pro. Hal ini karena seri iPhone 15 adalah yang pertama mengecualikan lapisan emas sejak iPhone XS. Pilihan warna rose bisa menjadi versi titanium dari emas.

Lebih lanjut, iPhone 16 Pro Max mungkin dilengkapi dengan layar besar 6,9 inci. Kecerahan puncak juga diharapkan akan ditingkatkan lebih lanjut. Beberapa rumor juga mengklaim bahwa batas tampilan akan menjadi lebih tipis dari pendahulunya, yakni dari 1,55mm menjadi 1,15mm.

Dalam hal kinerja, iPhone 16 Pro dan Pro Max kemungkinan akan dilengkapi dengan chip A18 Pro, yang tidak hanya akan memiliki daya CPU lebih dari A17 Pro tetapi juga akan dapat melakukan tugas AI pada perangkat dengan lebih baik. Chip A18 Pro dikatakan dibuat pada proses 3nm generasi ke-2 TSMC.

Untuk model bukan Pro, masih belum jelas apakah Apple akan menggunakan chip A18 Pro yang sama atau menggunakan chipset tahun lalu, seperti yang telah dilakukan perusahaan dengan dua generasi iPhone terakhir.

Apple memang berencana untuk menggunakan chip A17 Pro di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Namun, kode backend menyarankan bahwa perusahaan akan menggunakan "chipset A18" dalam model non-Pro tahun ini. Hal ini bisa menjadi versi A18 Pro yang sedikit dipotong, namun ini masih rumor.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Apple berada di posisi kedua dengan pertumbuhan pengiriman sebesar 1,5% yoy pada kuartal II/2024 dari 44,5 juta unit menjadi 45,2 juta unit HP.

Apple berhasil merebut 15,8% pangsa pasar pada enam bulan pertama 2024. Namun, pangsa pasar Apple pada kuartal II/2023 mampu mencapai 16,6%.

“Apple menyelesaikan kuartal di posisi kedua dengan pangsa 15,8% dengan peningkatan kinerja di China dan wilayah utama lainnya,” demikian laporan IDC.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper