Apple Siapkan iPhone 16, Berikut Prediksi Waktu Rilis, Harga, dan Model

Redaksi
Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:00 WIB
Logo Apple Inc./ Bloomberg
Logo Apple Inc./ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple terus menjadi sorotan di dunia teknologi dan setiap peluncuran produk baru selalu dinantikan oleh banyak orang. Kini, semua mata tertuju pada iPhone 16 yang diprediksi akan membawa berbagai inovasi dan fitur terbaru. 

Berikut adalah semua yang diprediksi tentang iPhone 16, termasuk tanggal rilis, harga, dan fitur-fitur unggulannya, dilansir dari Business Insider Sabtu (15/6/2024).

Berdasarkan pola peluncuran sebelumnya, iPhone 16 diperkirakan akan diumumkan pada September 2024. Seperti seri sebelumnya, lineup kemungkinan akan mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. 

Meskipun ada rumor tentang kemungkinan hadirnya model iPhone "Ultra", belum ada indikasi kuat mengenai perubahan besar dalam lineup model ini.

Salah satu peningkatan yang diharapkan adalah ukuran layar yang lebih besar pada model iPhone 16 Pro. 

CEO Display Supply Chain Consultants Ross Young melaporkan bahwa iPhone 16 Pro akan memiliki layar 6,3 inci, lebih besar dari layar 6,1 inci pada iPhone 15 Pro. 

Sementara itu, iPhone 16 Pro Max diperkirakan memiliki layar 6,9 inci, lebih besar dari layar 6,7 inci pada iPhone 15 Pro Max. Namun, ukuran layar iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diharapkan tetap sama, yaitu masing-masing 6,1 inci dan 6,7 inci.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga dirumorkan akan mengadopsi tombol Action yang menggantikan tombol mute notifikasi. 

Tombol ini pertama kali diperkenalkan pada model iPhone 15 Pro, memungkinkan akses cepat ke fungsi-fungsi yang dapat disesuaikan seperti mengaktifkan kamera, menyalakan senter, mengubah mode Fokus, dan mengaktifkan atau menonaktifkan mode Silent. 

Selain itu, semua model iPhone 16 dikabarkan akan memiliki tombol baru yang dirancang khusus untuk merekam video. Tombol "Capture" ini dikatakan akan peka terhadap tekanan dan gesekan, memungkinkan fungsi tambahan seperti zoom dan kontrol fokus.

Meskipun iPhone 15 baru saja diperbarui dengan tepi yang lebih halus dan rangka titanium pada model Pro, desain iPhone 16 diprediksi tidak akan mengalami perubahan besar. 

Namun, mungkin akan ada pilihan warna baru. Selain itu, modul kamera iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kemungkinan akan mengadopsi bentuk pil yang mirip dengan modul kamera pada iPhone X dan iPhone XS, bukan modul persegi yang digunakan pada generasi sebelumnya, menurut laporan dari Tom's Guide.

Mengenai harga dari iPhone 16, hingga kini belum ada sumber yang dapat dipercaya atau dikenal yang memberikan angka pasti untuk harga seri iPhone 16. 

Harga iPhone dari Apple sebagian besar tetap stabil sejak seri iPhone 12 yang dirilis pada 2020, dengan hanya iPhone 15 Pro Max yang mengalami kenaikan harga sebesar US$100 dari tahun ke tahun.

Melihat tren tahunan, karena Apple sudah melakukan perubahan harga pada seri iPhone 15, diperkirakan harga seri iPhone 16 akan tetap sama dengan harga awal yaitu US$799 atau sekitar Rp13,1 juta untuk model dasar, US$899 untuk iPhone 16 Plus, US$999 untuk iPhone 16 Pro, dan US$1,199 untuk iPhone 16 Pro Max. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper