Mengenal Apa itu Internet, Sejarah dan Manfaatnya

Redaksi
Minggu, 8 September 2024 | 02:00 WIB
Sejarah, manfaat dan sistem pendukung internet/ilustrasi
Sejarah, manfaat dan sistem pendukung internet/ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Internet menjadi kebutuhan utama masyarakat di era serba digital. Mari mengenal lebih dekat tentang apa itu internet, sejarah dan manfaatnya. 

Diketahui, Internet merupakan jaringan global komputer yang saling terhubung, dengan sistem kompleks yang melibatkan jutaan komputer. Keterhubungan satu komputer dengan komputer lain membutuhkan kabel, satelit, dan teknologi nirkabel.

Sejarah Internet

1960-an: Internet pertama kali konsepnya muncul sebagai ARPANET, sebuah jaringan komputer yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk tujuan militer dan penelitian.

1970-an:  10 tahun kemudian, ARPANET berkembang dan mulai menghubungkan universitas dan lembaga penelitian di seluruh Amerika Serikat.

1980-an: Setelah kiprahnya di dunia milter, Internet mulai berkembang di luar Amerika Serikat, dan teknologi seperti TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) diadopsi sebagai standar untuk komunikasi internet.

1990-an: Internet mengalami pertumbuhan eksponensial dengan munculnya World Wide Web dan browser seperti Netscape. Hal ini memungkinkan akses mudah ke informasi dan komunikasi online.

2000-an: Internet menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, dengan munculnya layanan seperti email, media sosial, e-commerce, dan streaming online.

Nelayan mengakses aplikasi dengan jaringan internet
Nelayan mengakses aplikasi dengan jaringan internet

Manfaat Internet

Diketahui Internet menawarkan berbagai manfaat bagi individu, bisnis, dan masyarakat secara keseluruhan. Beberapa manfaat utama internet meliputi:

-Akses cepat dan mudah ke berbagai jenis informasi, termasuk berita, pendidikan, hiburan, dan penelitian.
-Komunikasi jarak jauh melalui email, pesan instan, video call, dan media sosial yang lebih cepat dan murah.
-Konten pendidikan dari berbagai sumber daya pendidikan, seperti kursus online, e-book, dan platform pembelajaran dapat diakses.
-Bisnis beroperasi dan jual-beli barang, dengan memungkinkan pemasaran online, e-commerce, dan kolaborasi jarak jauh.
-Internet juga menawarkan berbagai bentuk hiburan, seperti film, musik, game, dan streaming video yang dapat diakses dari rumah.
-Internet memungkinkan orang untuk terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia melalui media sosial dan komunitas online.

Istilah-istilah dalam internet:

-TCP/IP: Ini merupakan sebuah protokol mengatur bagaimana data dikirimkan dan diterima di internet.
-DNS (Domain Name System): Sistem ini menerjemahkan alamat web yang mudah diingat (seperti www.google.com) menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer.
-HTTP (Hypertext Transfer Protocol): Protokol ini digunakan untuk mengirimkan dan menerima halaman web.
-Router dan Switch: Perangkat ini berfungsi sebagai penghubung antara berbagai jaringan komputer.
-Kabel dan Serat Optik: Infrastruktur tulang punggun ini digunakan untuk mengirimkan data.

Internet Indonesia

Adapun pada Agustus 2024 dikabarkan jumlah perusahaan internet yang tergabung dalam Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) naik hampir 3 kali lipat dalam kurun waktu 3 tahun. 

Anggota Senior APJII Victor Irianto mengatakan berdasarkan catatan APJII, pemain Internet Service Provider (ISP) terus mengalami pertumbuhan. 3 tahun lalu, APJII mencatat hanya terdapat 400 ISP, namun kini melonjak menjadi 1.100–1.200 pemain ISP di Tanah Air.

Bahkan, Victor menuturkan bahwa sektor perbankan yang sebelumnya tidak begitu mendukung penyelenggara internet, kini mulai melirik industri ini. Termasuk pemain asing. 

Modal asing ramai masuk ke bisnis internet dalam negeri melihat besarnya potensi industri internet dalam negeri.

“Saya lihat dari mulai capital-capital dari luar itu mulai masuk banyak mengakuisisi perusahaan, karena mereka melihat selama Covid-19 itu industri kita yang bertumbuh,” ujar kata Viktor.

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper