Meta Dikabarkan Batal Kembangkan Perangkat Pesaing Apple Vision Pro

Rika Anggraeni
Sabtu, 24 Agustus 2024 | 12:45 WIB
Kacamata VR/AR Quest 3 milik Meta/dok. Meta
Kacamata VR/AR Quest 3 milik Meta/dok. Meta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Meta Platforms dikabarkan telah membatalkan rencana untuk merilis headset realitas campuran premium atau augmented reality/virtual reality (AR/VR) yang dimaksudkan untuk menyaingi Apple Vision Pro milik Tim Cook. Hal itu terungkap menurut dua karyawan Meta.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari The Information, Sabtu (24/8/2024), Meta memberi tahu karyawan di divisi Reality Labs perusahaan untuk berhenti bekerja pada perangkat pekan ini usai pertemuan tinjauan produk yang dihadiri oleh CEO Meta Mark Zuckerberg, Chief Technology Officer Andrew Bosworth, dan Meta lainnya.

Headset AR/VR premium dengan nama sandi La Jolla milik Meta direncanakan untuk meluncur pada 2027, sedangkan pengembangan La Jolla dimulai pada November tahun lalu, mengutip dari GSMArena.

Alasan pembatalan proyek tampaknya berkaitan dengan fakta bahwa headset menggunakan tampilan MicroOLED yang membuatnya sangat mahal, jauh lebih banyak daripada tujuan awal Meta untuk menjaga biaya di bawah US$1.000 atau sekitar Rp15,4 juta (asumsi kurs Rp15.401 per dolar AS).

Di sisi lain, Apple Vision Pro dengan harga US$3.500 atau sekitar Rp53,9 juta juga belum menarik perhatian.

Mengacu pada berita tentang pembatalan headset La Jolla, Meta CTO Andrew Bosworth mengatakan, pihaknya memiliki banyak prototipe dalam pengembangan setiap saat.

“Tetapi kami tidak membawa semuanya ke produksi. Kami bergerak maju dengan beberapa, kami meneruskan yang lain. Keputusan seperti ini terjadi sepanjang waktu, dan cerita berdasarkan obrolan tentang satu keputusan individu tidak akan pernah memberikan gambaran nyata,” katanya.

Di sisi lain, Meta masih mengerjakan Quest yang lebih terjangkau dengan nama kode Ventura, yang bisa keluar sebelum akhir tahun ini. Meta juga diharapkan untuk menampilkan kacamata AR baru bulan depan, sedangkan Quest 4 akan meluncur pada 2026.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper