Blibli (BELI) Harap Promo HUT ke-13 Dongkrak Kinerja, Harga Playstation 5 Dibanderol Rp3 Jutaan

Rika Anggraeni
Senin, 15 Juli 2024 | 20:37 WIB
Salah satu Gerai Blibli yang terletak di Jakarta. Blibli menjual iPad Gen 9 dengan harga yang terjangkau/Bisnis.com - Rika Anggraeni
Salah satu Gerai Blibli yang terletak di Jakarta. Blibli menjual iPad Gen 9 dengan harga yang terjangkau/Bisnis.com - Rika Anggraeni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli menawarkan sejumlah promosi spesial dalam rangka menyambut ulang tahun ke-13. Promosi yang digeber Blibli berlaku mulai 18–28 Juli 2024.

Group Head Marketing Services Blibli Edward K. Suwignyo mengatakan bahwa promosi yang ditawarkan Blibli terdiri dari kebutuhan rumah tangga, elektronik, gadget, hingga fashion.

Untuk kebutuhan rumah tangga (grocery), misalnya, Edward menyampaikan bahwa Blibli memberikan promosi serba Rp13.000 dengan cashback sebesar 5%. Ada pula barang elektronik dengan cashback hingga Rp500.000 dan cicilan 0%.

Selain itu, Edward menambahkan bahwa Blibli juga memberikan kejutan spesial untuk pengguna yang berulang tahun di bulan Juli, yakni berupa cashback sebesar 113%. Promosi khusus untuk pengguna yang berulang tahun di bulan Juli mulai berlaku saat promo puncak, yakni pada 25–28 Juli 2024.

“Promonya hanya untuk yang lahir Juli sampai 90%, atau bisa titip beli ke yang lahir di bulan Juli,” kata Edward dalam acara Perayaan Ulang Tahun Blibli ke-13 di Blibli Head Office, Jakarta, Senin (15/7/2024).

Dia merincikan, promosi hingga 90% yang diberikan Blibli terdiri dari Sony PlayStation 5 PS5 yang dibanderol menjadi Rp3,6 juta dari harga aslinya adalah Rp7,2 juta, dengan tambahan cashback sebesar 113%.

Promo lainnya adalah dari produk kecantikan, seperti Skintific Cushion yang turun menjadi Rp50.000 dari harga sebelumnya Rp207.000, dan ditambah dengan cashback sebesar 113%. 

Pada 13 tahun yang lalu, anak usaha Grup Djarum itu hanya melihat potensi dari dunia digital. Namun kini, Edward menuturkan bahwa ekosistem Blibli sudah makin seamless, salah satunya terintegrasi antara Blibli Tiket dengan strategi omnichannel yang mampu memenuhi hampir 90% potensi konsumsi masyarakat Indonesia.

Dengan tebaran promosi ini, Edward berharap dapat mengerek pertumbuhan penjualan Blibli pada bulan ini. Sayangnya, dia enggan memberikan target pertumbuhan. Hanya saja, Edward berharap bisa mencapai lebih dibandingkan tahun lalu.

“Pasti ada pertumbuhan, tetapi nggak bisa kasih tahu kalau untuk yang forecast-nya dan segala macam. Tetapi kalau harapannya pasti akan naik dari penjualan biasa,” ujarnya.

Dari sisi kinerja, per 31 Maret 2024, Blibli mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp3,92 triliun tumbuh 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp3,83 triliun.

Kinerja BELI ditopang terutama karena pertumbuhan pendapatan institusi yang melesat 158% menjadi Rp1,19 triliun dari periode yang sama sebelumnya sebesar Rp461 miliar. 

Penopang kinerja pendapatan juga berasal dari aktivitas toko fisik yang naik 29% menjadi Rp1,29 triliun. Pendapatan dari sektor ritel 3P atau penjualan produk dan layanan oleh penjual pihak ketiga (3P) yang tumbuh 10% menjadi Rp302 miliar. Sementara itu, segmen ritel 1P mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,13 triliun.

Lebih lanjut, emiten bersandi saham BELI juga mencatatkan efisiensi cukup signifikan pada beban pokok penjualan sehingga terjadi penurunan beban pokok menjadi Rp3,18 triliun.

Selain itu, efisiensi juga berhasil dicatat dari penurunan beban penjualan dari Rp568,7 miliar pada kuartal I/2023 menjadi Rp453,42 miliar pada kuartal I/2024. Alhasil, Blibli mencatatkan peningkatan kinerja profitabilitas yang tercermin dari penurunan rugi tahun berjalan menjadi Rp696,06 miliar pada kuartal I/2024 dari sebelumnya Rp883,6 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper