Tepati Janji, Brain Cipher Beri Tutorial Buka Kunci PDNS 2

Rika Anggraeni
Kamis, 4 Juli 2024 | 11:02 WIB
Kode komputer dan teks ditampilkan di layar komputer. Bloomberg/Chris Ratcliffe
Kode komputer dan teks ditampilkan di layar komputer. Bloomberg/Chris Ratcliffe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kelompok ransomware Brain Cipher menepati janjinya dengan memberikan kunci enkripsi untuk memulihkan data Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 secara gratis pada Rabu (3/7/2024).

Hal itu terungkap dalam akun media sosial X (dahulu Twitter) @FalconFeedsio yang mengunggah blog tangkapan layar milik Brain Cipher. Bahkan, Brain Cipher juga menyertakan tautan kunci, serta tutorial menggunakan dan membuka kunci dekripsi PDNS yang telah diserang ransomware.

“Kami secara independen membuat keputusan seperti itu, ini tidak memerlukan intervensi dari layanan khusus dan lembaga penegak hukum,” tulis Brain Cipher, dikutip pada Kamis (4/7/2024).

Peretas juga menyatakan bahwa pemberian kunci dekripsi secara percuma ini merupakan pertama dan terakhir kalinya korban peretas menerima kunci dekripsi gratis.

“Ini adalah pertama dan terakhir kalinya seorang korban menerima kunci secara gratis,” ungkapnya.

Dalam unggahan tersebut, Brain Cipher menyatakan pihaknya akan menunggu pihak kedua untuk secara resmi mengonfirmasi bahwa kunci berfungsi dan data dipulihkan.

“Jika pihak kedua mengatakan bahwa mereka telah memulihkan data sendiri atau dengan bantuan pihak ketiga, kami akan mempublikasikan data tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Brain Cipher juga menyertakan dompet monero untuk sumbangan.

Adapun, pasca-dua pekan sistem layanan PDNS 2 diretas, Brain Cipher akhirnya mengungkap alasan di balik aksinya. Peretas menjelaskan bahwa pada dasarnya pusat data (data center) merupakan industri teknologi tinggi yang membutuhkan investasi besar.

“Dalam kasus ini, serangan itu sangat mudah sehingga kami hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membongkar data dan mengenkripsi beberapa ribu terabyte informasi,” ungkapnya.

Kabar Brain Cipher akan merilis kunci dekripsi ransomware PDNS 2 diumumkan pada Selasa (2/7/2024). Akun media sosial X (dahulu Twitter) @stealthmole_int, mengunggah bahwa peretas Brain Cipher akan merilis kunci dekripsi Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 gratis pada hari Rabu.

Sayangnya, tidak dijelaskan waktu pasti data tersebut dirilis. Dalam akun tersebut, @stealthmole_int menyampaikan bahwa peretas Brain Cipher ransomware akan merilis kunci dekprisi. Para peretas juga menekankan perlunya pendanaan dan spesialis keamanan siber.

“Kami berharap serangan kami menjelaskan kepada Anda betapa pentingnya membiayai industri dan merekrut spesialis yang berkualitas,” tulis @stealthmole_int, dikutip pada Selasa (2/7/2024).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper