'Matahari Buatan' Made In China Hasilkan Medan Magnet dalam Fusi Nuklir

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 20 Juni 2024 | 10:10 WIB
Matahari Buatan Made In China Hasilkan Medan Magnet dalam Fusi Nuklir/@nasasun
Matahari Buatan Made In China Hasilkan Medan Magnet dalam Fusi Nuklir/@nasasun
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan China telah membuat tonggak sejarah dalam fusi nuklir.

Mereka mengumumkan pencapaian besar dalam penemuan struktur medan magnet canggih “untuk pertama kalinya di dunia” menggunakan tokamak Huanliu-3 (HL-3), yang juga dikenal sebagai “matahari buatan” China

Dilansir dari interestingengineering, penemuan ini merupakan hasil percobaan gabungan internasional putaran pertama yang dilakukan pada tokamak HL-3, sebuah proyek yang dibuka untuk kolaborasi global pada akhir tahun 2023.

Menurut Chinese Media Group, eksperimen tersebut melibatkan 17 lembaga penelitian dan universitas terkenal di seluruh dunia, termasuk Komisi Energi Atom dan Energi Alternatif Prancis dan Universitas Kyoto di Jepang.

Hal ini menegaskan komitmen China terhadap kerja sama internasional dalam mengatasi krisis energi global.

Tokamak HL-3 telah dirancang dan dikembangkan secara independen oleh Tiongkok. Ini juga merupakan perangkat fusi nuklir terbesar dan tercanggih di negara tersebut.

Teknologi ini meniru proses pembangkitan energi matahari melalui fusi nuklir terkendali, sebuah teknologi mutakhir dengan potensi besar untuk memecahkan tantangan energi dan lingkungan global.

Pada bulan Agustus 2023, tokamak HL-3 mencapai tonggak sejarah besar dengan berhasil beroperasi di bawah arus plasma 1 juta ampere. Eksperimen ini memperkuat posisi Tiongkok di garis depan penelitian fusi nuklir dalam kurungan magnetik.

Terobosan terbaru ini sangat penting untuk mengendalikan dan membatasi plasma super panas di dalam tokamak.

Fusi nuklir terkendali telah lama dianggap sebagai hal yang paling penting dalam penelitian energi, menjanjikan sumber energi yang bersih dan praktis tidak ada habisnya.

China telah secara aktif mempromosikan kerja sama internasional di bidang energi nuklir, yang dicontohkan oleh kemitraan baru-baru ini dengan Perancis, termasuk inisiatif penelitian bersama dan kontribusi pada proyek Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (ITER).

Dengan membuka tokamak HL-3 untuk kolaborasi internasional dan berpartisipasi aktif dalam inisiatif energi nuklir global, Tiongkok menunjukkan komitmennya untuk memajukan solusi energi ramah lingkungan dan memenuhi permintaan energi dunia yang terus meningkat.

Konfigurasi magnetik inovatif yang ditemukan oleh tim ilmuwan internasional mewakili kemajuan besar dalam fisika plasma dan teknologi fusi.

Perkembangan ini, dilaporkan oleh China Media Group, merupakan kemajuan signifikan menuju sumber energi ramah lingkungan.

Selain itu, perlombaan global untuk memanfaatkan kekuatan “matahari buatan” juga terus memanas.

Baru-baru ini, reaktor Penelitian Lanjutan Tokamak Superkonduktor Korea Selatan (KSTAR) mencapai tonggak sejarah besar dengan mencapai suhu tujuh kali lebih panas dari inti matahari.

“Untuk mengembangkan energi fusi, penting untuk mengamankan teknologi guna mempertahankan plasma bersuhu tinggi dan berkepadatan tinggi di mana reaksi fusi terjadi paling aktif dalam jangka waktu yang lebih lama,” kata Institut Energi Fusi Korea (KFE) pada saat itu.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper