Kadin Dorong Starlink Elon Musk Layani Daerah 3T

Rika Anggraeni
Kamis, 6 Juni 2024 | 19:35 WIB
Ilustrasi Satelit Starlink yang berada di orbit bumi dan menjangkau banyak wilayah
Ilustrasi Satelit Starlink yang berada di orbit bumi dan menjangkau banyak wilayah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai kehadiran layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk dapat membantu pemerataan akses internet di wilayah rural Indonesia.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi Kadin Indonesia Firlie H. Ganinduto mengatakan bahwa kehadiran Starlink di Indonesia dapat mempercepat penetrasi akses internet yang makin tinggi di Indonesia.

Merujuk data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2023, Firlie menuturkan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19% dari total populasi, di mana 30,5% berada pada daerah rural.

“Kami melihat bahwa kehadiran Starlink di Indonesia dapat membantu memberikan pemerataan akses internet bagi seluruh masyarakat hingga ke daerah 3T, yaitu tertinggal, terdepan, dan terluar di Indonesia,” kata Firlie saat ditemui di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informasi Kadin Indonesia Firlie H. Ganinduto saat ditemui di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta, Kamis (6/6/2024) - BISNIS/Rika Anggraeni

Di samping itu, Kadin Indonesia juga melihat dampak pada peningkatan pemerataan akses internet bagi seluruh masyarakat Indonesia akan mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan kolaboratif.

Sebagai contoh, tambah Firlie, bagi sektor kesehatan dan pendidikan, pemerataan akses internet bagi daerah terpencil memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik.

“Dunia usaha juga melihat bahwa kehadiran Starlink dalam memberikan akses layanan internet di Indonesia akan mendorong lanskap ekonomi digital dan inovasi teknologi yang lebih kompetitif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firlie memandang kehadiran berbagai perusahaan teknologi global, termasuk Starlink dapat membuka ruang kolaborasi bagi para pelaku usaha nasional, baik melalui transfer of technology, implementasi best practice, dan berbagai potensi kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Kendati demikian, Kadin Indonesia juga mendorong agar pemerintah juga melakukan kajian dan evaluasi yang mendalam mengenai manfaat dan dampak dari masuknya Starlink ke Indonesia.

“Serta peluang akan kehadiran internet berbasis satelit Starlink, termasuk melibatkan masukan dan rekomendasi dari para pelaku usaha dan asosiasi,” pungkasnya.

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper