Harga Paket Internet Satelit Ubiqu, Mangosky dan Starlink Juni 2024

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra,Rika Anggraeni
Sabtu, 1 Juni 2024 | 18:58 WIB
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Murahnya layanan internet yang disediakan oleh Starlink milik Elon Musk untuk Indonesia menjadi sorotan lantaran berbanding jauh dibandingkan pesaing lainnya. Berikut harga internet paket internet satelit Ubiqu, Mangosky, dan Kacific. 

Sekjen Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI), Sigit Jatiputro mengatakan harga layanan internet satelit Very Small Aperture Terminal (VSAT) lokal paling murah dipatok Rp3,5 juta per bulan. Terpaut jauh dibandingkan Starlink unlimited hanya Rp750.000 per bulan untuk pribadi dan paket bisnis Rp1,1 juta.

Kemudian, harga perangkat dari pemain lokal adalah Rp9,1 juta, sedangkan promosi yang ditawarkan Starlink adalah Rp4,6 juta dan harga tanpa promosi adalah Rp7,8 juta. Harga yang ditawarkan Starlink jauh lebih murah dari pemain VSAT lokal.

“Kalau diambil ekstremnya mungkin pemain VSAT dalam negeri tidak akan bertahan dalam setahun,” kata Sigit saat ditemui di Gedung Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Di satu sisi, dia mengatakan pemain eksisting VSAT lokal sudah terlihat mengalami sinyal penurunan dari segi penjualan untuk segmen bisnis korporasi dan ritel. Padahal Starlink baru sepekan lebih mengudara di Tanah Air, tepatnya pada 19 Mei 2024.

Berikut adalah perbandingan harga internet satelit lokal vs Starlink:

1. Kacific

Kacific menawarkan perangkat senilai Rp16,6 juta kepada pelanggan. Sementara harga paket internet unlimited dengan fair usage policy (FUP) milik Kacific ditawarkan tergantung tingkat kecepatan internet yang dipilih.

Harga bulanan termurah paket internet Kacific adalah Rp3,3 juta untuk kecepatan download 30 Mbps dan upload 10 Mbps. Sementara paket yang paling mahal Kacific adalah Rp11,25 juta per bulan dengan kecepatan download 60 Mbps dan upload 20 Mbps.

2. Ubiqu

Harga berlangganan paket Ubiqu Big terdiri dari Rp4,5 juta per bulan untuk kecepatan download 5 Mbps dan upload 1 Mbps, sedangkan untuk perangkat dibanderol Rp9,1 juta.

Harga layanan untuk kecepatan download 7 Mbps dan upload 1 Mbps dipatok Rp7,4 juta. Kemudian, kecepatan download 10 Mbps dan upload 1 Mbps mencapai Rp13,5 juta.

3. Mangosky (Mangoespace)

Perangkat yang dipatok untuk layanan internet Mangosky sebesar Rp11,9 juta dengan harga paket unlimited yang FUB-nya dibanderol beragam.

Misalnya saja, untuk paket paling murah dibanderol Rp3,67 juta per bulan dengan kecepatan download 2 Mbps dan upload 1 Mbps. Sementara harga paket tertinggi adalah Rp8,75 juta per bulan dengan kecepatan download 10 Mbps dan upload 1 Mbps.

4. Starlink

Harga perangkat Starlink yang ditawarkan kepada konsumen adalah Rp7,8 juta. Namun, Starlink memberikan harga promo 40%, sehingga harga perangkat Starlink menjadi 4,68 juta hingga 10 Juni.

Paket kuota standar Starlink yang paling murah adalah Rp750.000 per bulan. Selanjutnya ada paket prioritas 40 GB adalah Rp1,1 juta per bulan, prioritas 1 TB senilai Rp3,02 juta per bulan. Paket internet prioritas 2 TB adalah Rp6,11 juta dan prioritas 6 TB senilai Rp12,32 juta.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper