Fenomena Langka Bulan Juni, 6 Planet akan Tampak Sejajar

Redaksi
Kamis, 30 Mei 2024 | 09:36 WIB
Urutan planet dalam tata surya
Urutan planet dalam tata surya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena langka akan terjadi di bulan Juni dengan berlangsungnya enam planet yang tampak sejajar atau disebut “parade planet”.

Adapun enam planet tersebut, yaitu Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus. Pada planet Neptunus dan Uranus membutuhkan teleskop khusus untuk melihatnya.

Dilansir starwalk.space, Saturnus (mag 1.1) akan tampak di langit mulai larut malam yang dapat dilihat menggunakan mata telanjang di konstelasi Aquarius. Lalu, Neptunus (mag 7.9) akan dilihat di konstelasi Pisces.

Setelah itu, disusul oleh planet berwarna cerah, Mars (mag 1.0) akan terbit. Disusul oleh Uranus (mag 5.8), Jupiter (mag -2.0), dan Merkurius (mag-1.4) akan terlihat saat matahari sudah memancarkan cahaya di sebelah timur.

Jupiter akan memancarkan panoramanya yang bisa dilihat tanpa bantuan alat. Begitu pun dengan merkurius, walaupun sedikit sulit terlihat karena pancaran matahari lebih dominan. Planet Uranus memerlukan alat bantu agar dapat dilihat. Ketiga planet itu akan berlokasi di konstelasi Taurus.

Sejajarnya planet ini bukan tanpa sebab. Planet-planet mengorbit matahari secara terus menerus di tata surya dan perlahan saling mengejar satu sama lain di jalur yang sama bernama ekliptika. Puncaknya, saat melewati bumi, mereka tampak sejajar.

Umumnya hanya empat atau lima planet saling berjajar yang terjadi beberapa kali setiap tahunnya. Sedangkan pada kasus enam planet sejajar merupakan suatu fenomena langka. Adapun kejadian ini dapat dilihat dari bulan Mei di tempat berbeda. Berikut rinciannya:

1. São Paulo : 27 Mei, berada di 43 derajat
2. Sydney : 28 Mei, berada di 59 derajat
3. Meksiko : 29 Mei, berada di 65 derajat
4. Abu Dhabi: 30 Mei, berada di 68 derajat
5. Hong Kong : 30 Mei, berada di 67 derajat
6. Athena : 2 Juni, berada di 72 derajat
7. Tokyo : 2 Juni, berada di 73 derajat
8. New York : 3 Juni, berada di 73 derajat

Selain ‘parade planet’ pada 3 Juni 2024, planet sejajar diprediksi dapat dilihat kembali pada bulan Agustus tahun ini dan di tahun 2025.
1. 28 Agustus 2024 : Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, da Neptunus
2. 18 Januari 2025 : Merkurius, Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus
3. 28 Februari 2025 : Saturnus, Merkurius, Neptunus, Venus, Uranus, Jupiter, dan Mars
4. 29 Agustus 2025 : Merkurius, Venus, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus.

Keselarasan planet tampak cantik saat dilihat dari langit timur di belahan bumi bagian utara, terlebih jika cuaca cukup cerah. Para astronom merekomendasikan untuk melihatnya di tempat ketinggian seperti gedung pencakar langit atau pegunungan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)




Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper