Riset CIRP: Mayoritas Pengguna iPhone Pilih Tukar Tambah

Rika Anggraeni
Kamis, 23 Mei 2024 | 18:50 WIB
iPhone 15 yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
iPhone 15 yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Laporan dari perusahaan perusahaan Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukkan bahwa mayoritas pengguna iPhone memilih untuk melakukan tukar tambah ponselnya demi mendapatkan perangkat baru dibandingkan mempertahankan iPhone lamanya.

Dalam laporan tersebut, selama 12 bulan pertama menjelang Maret 2024, sebanyak 42% pemilik iPhone memilih untuk melakukan tukar tambah, sedangkan 30% pengguna iPhone memilih untuk menyimpan ponsel lamanya.

Kemudian, sebanyak 11% mewariskan iPhone lamanya ke anggota keluarga atau teman. Hanya 5% pemilik iPhone memilih untuk menjual perangkat tersebut.

Sementara itu, hanya 6% pembeli iPhone harus melakukan pembelian berulang karena perangkatnya hilang, dicuri, atau rusak.

Berbeda dengan iPhone, riset CIRP menunjukkan bahwa sebanyak 36% pemilik iPad yang melakukan pembelian berulang memilih untuk mempertahankan iPad model lamanya. Sedangkan 31% pemilik iPad memberikannya kepada anggota keluarga atau teman.

Hal ini menunjukkan pemilik iPad yang memilih untuk menyimpan atau mewariskan iPad lama mereka lebih tinggi dibandingkan pemilik iPhone.

“Data kami menunjukkan bahwa sementara mereka menunggu iPad baru, pemilik iPad yang sudah ada mempertahankan iPad mereka lebih lama dari sebelumnya,” tulis riset CIRP, dikutip pada Kamis (23/5/2024).

Menariknya, banyak pemilik iPad merasa perlu mengganti perangkat lamanya. Alasannya, karena sudah tidak dapat digunakan.

Riset CIRP menunjukkan, ada perbedaan signifikan dalam persentase peningkatan iPad dan iPhone yang melaporkan bahwa perangkat lama mereka hilang, dicuri, atau rusak.

Perinciannya, sebanyak 23% dari mereka memilih meningkatkan iPad, dibandingkan dengan hanya 6% dari pembeli iPhone yang melakukan pembelian berulang karena kebutuhan, sedangkan 6% memilih untuk menjual iPad lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper