Elon Musk Diminta Bikin Layanan Konsumen Internet Starlink di RI

Dwi Rachmawati
Minggu, 19 Mei 2024 | 16:20 WIB
Perangkat Starlink. / dok. Starlink
Perangkat Starlink. / dok. Starlink
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG -  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta Starlink agar meyediakan pusat layanan konsumen atau customer service untuk kepentingan perlindungan konsumen di Indonesia.

Budi Arie mengatakan, perlindungan konsumen menjadi penting saat layanan internet Starlink mulai dipasarkan di Indonesia. Adanya costumer service bakal mempermudah dalam menyelesaikan berbagai persoalan sengketa transaksi hingga Perlindungan data konsumen di Indonesia. Menurut Budi Arie customer service juga dapat mencegah adanya penipuan kepada konsumen. 

"Itu juga jadi perhatian kita customer service karena itu Perlindungan konsumen," ujar Budi Arie di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (19/5/2024).

Adapun Budi Arie menyebut teknologi internet berbasis satelit Starlink memiliki kapasitas kecepatan yang mumpuni. Pemerintah akan memprioritaskan penggunaan layanan internet Starlink untuk keperluan di sektor pendidikan dan kesehatan.

Mantan Wakil Menteri Desa itu juga mengatakan, kelebihan internet berbasis satelit lebih efisien dari segi kebutuhan infrastruktur dibandingkan kabel fiber optic. Internet Starlink dianggap sesuai untuk pemenuhan kebutuhan internet di wilayah pulau-pulau kecul dan pelosok Indonesia.

"Kalau internet kabel itu kan hanya solusi wilayah perkotaan, kalau Indonesia seluas ini pakai fiber semua enggak nyambung. Kecepatan [Starlink] bagus 300 Mbps," jelasnya.

Seperti diketahui, Elon Musk telah tiba di Bali pada pagi ini dalam rangka melakukan peluncuran internet Starlink di salah satu Puskesmas di Denpasar bersama Presiden Jokowi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Adapun Luhut berharap layanan internet Starlink di Indonesia bisa meningkatkan akses informasi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

"Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden Jokowi hari ini dari salah satu puskesmas di wilayah Denpasar, Bali," kata Luhut lewat akun instagram pribadinya, Minggu (19/5/2024). 

Sebagai informasi, Starlink adalah layanan internet satelit yg dikembangkan oleh SpaceX yang merupakan perusahaan teknologi milik Elon Musk. Starlink ini menggunakan konstelasi satelit rendah bumi (LEO) untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke berbagai daerah di seluruh dunia, terutama di daerah-daerah terpencil.

Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai 'dish' untuk dapat terhubung ke jaringan satelit, dengan begitu masyarakat Indonesia dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan andal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dwi Rachmawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper