Badai Matahari Picu Geomagnetik, GPS dan Navigasi Satelit Terancam Terganggu

Redaksi
Jumat, 10 Mei 2024 | 15:07 WIB
Gambar lubang korona 13 Maret 2019. /Instagram @lapan_ri
Gambar lubang korona 13 Maret 2019. /Instagram @lapan_ri
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (National Oceanic and Atmospheric Administration/NOAA) Amerika Serikat melaporkan akan terjadi badai matahari yang kuatnya berpotensi menyebabkan gangguan geomagnetik parah terhadap atmosfer bumi pada akhir pekan ini. Dampaknya, layanan sistem GPS dan navigasi satelit terancam alami gangguan. 

Melansir dari Space.com Jumat (10/5/2024), Space Weather Prediction Center, agensi yang merupakan bagian dari NOAA, menyatakan bahwa perubahan aktivitas matahari terus berlanjut pada tingkat tinggi dan setidaknya ada empat lontaran massa koronal bergerak menuju bumi.

"Bergantung pada bagaimana lontaran massa koronal ini terjadi secara bertahap, aktivitas tersebut diperkirakan akan berlangsung lebih lama,” kata ilmuwan luar angkasa di Space Weather Prediction Center NOAA, Rob Steenburgh.

Lontaran massa koronal berasal dari daerah yang sangat aktif di belahan barat daya matahari, yang disebut wilayah aktif 3664, menurut Steenburgh.

Wilayah aktif mudah dikenali karena mengandung bintik matahari, yaitu daerah gelap temporer di mana medan magnet matahari sangat kuat dan akhirnya menembus permukaan matahari.

NOAA juga melaporkan bahwa kejadian ini akan menghasilkan cahaya aurora spektakuler yang dapat terlihat di separuh bagian utara Amerika Serikat, seperti Montana, Minnesota, Wisconsin, sebagian wilayah dari North Dakota.

Aurora terjadi ketika energi dan partikel dari matahari berinteraksi dengan magnetosfera Bumi, menyebabkan badai geomagnetik sementara. Partikel matahari tersebut mengalir sepanjang garis medan magnet Bumi ke atmosfer atas, menarik molekul nitrogen dan oksigen, yang kemudian melepaskan foton cahaya dalam berbagai warna.

NOAA juga telah mengeluarkan peringatan “G4” untuk badai geomagnetik, yang menurut mereka “sangat jarang terjadi.”

Sebagai informasi, pada tingkat G4 biasanya akan terdapat ancaman terhadap permasalahan yang meluas pada kontrol tegangan dan dampak terhadap jaringan listrik yang dapat mempengaruhi beberapa sistem proteksi. 

Sistem navigasi satelit dan radio frekuensi rendah seperti GPS dapat terganggu dan pengoperasian pesawat ruang angkasa juga dapat mengalami masalah dalam hal pengisian dan pelacakan di permukaan. 

Ini adalah peringatan badai geomagnetik parah G4 pertama yang dikeluarkan oleh Space Weather Prediction Center sejak tahun 2005. Peristiwa ini diperkirakan akan berlanjut hingga Minggu.

“Situasi di Matahari saat ini agak fluktuatif dan kami memantaunya dengan sangat cermat,” kata Koordinator Program di Space Weather Prediction Center NOAA, Bill Murtagh. Murtagh juga memprediksi badai geomagnetik ini akan berlangsung dalam janga waktu yang lama.

Menurut spesialis komunikasi di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins, Amanda Mantiply, bintik matahari yang menghasilkan badai ini, AR3664, berukuran serupa dengan bintik matahari Carrington pada tahun 1859. 

Bintik matahari tersebut memicu salah satu peristiwa cuaca luar angkasa paling intens dalam sejarah dan badai tersebut mengganggu jalur telegraf di seluruh Amerika Serikat. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper