Bangun Data Center AI, Bos Indosat (ISAT): GPU Tiba Juni 2024

Rika Anggraeni
Rabu, 1 Mei 2024 | 15:45 WIB
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memberikan paparan saat acara peluncuran Indosat Marvelous Xperience (MX) Center di Jakarta, Selasa (18/7/2023)/JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani.
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha memberikan paparan saat acara peluncuran Indosat Marvelous Xperience (MX) Center di Jakarta, Selasa (18/7/2023)/JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison mengungkap perkembangan terbaru terkait data center atau pusat data kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dengan NVIDIA, perusahaan chip asal Amerika Serikat (AS).

Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredo Hutchison Vikram Sinha mengatakan bahwa unit pemrosesan grafis (Graphics Processing Units atau GPU) Nvidia Tensor Core akan tiba di Tanah Air pada Juni tahun ini. Nantinya, akan segera dipasarkan melalui Lintasarta, yang merupakan anak perusahaan dari Indosat.

“Yang pertama dan yang paling penting adalah, GPU akan tiba di Indonesia pada Juni dan kami telah mulai memastikan bahwa pusat data kami di Indonesia sudah siap, siap untuk kecerdasan buatan [AI], jadi pekerjaan itu sedang berlangsung,” kata Vikram dalam Media Update Kuartal I/2024 secara daring, Selasa (30/4/2024).

Vikram juga mengaku telah mengunjungi di Solo Techno Park sebanyak dua kali belum lama ini. Dia mengatakan bahwa perusahaan akan segera merealisasikan rencana pembangunan Center of Excellence Indosat NVIDIA.

Sayangnya, Vikram tak membeberkan kapan pembangunan tersebut akan dilakukan.

Center of Excellence Indosat NVIDIA sendiri merupakan sebuah tempat pelatihan SDM /talenta AI di Indonesia dengan fokus menjadikan Indonesia sebagai AI Nation. Keduanya akan terlibat dalam memberikan pelatihan dasar AI, ⁠⁠experimental AI LAB hingga ⁠⁠inspiring campus dengan menghadirkan international speaker/world AI expert secara regular.

“Saya pikir, yang paling penting dalam kecerdasan buatan adalah ketika kami menginvestasikan teknologi, kami juga menginvestasikan pada orang [talenta] dan pembangunan kapabilitas, kami akan bekerja pada pusat keunggulan kecerdasan buatan, ini akan menjadi mesin,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyampaikan bahwa Indosat dan NVIDIA berkomitmen untuk membangun pusat AI bernama Indonesian AI Nation di Solo, Jawa Tengah.

Nilai investasi proyek tersebut menembus US$200 juta dolar atau sekitar Rp3,18 triliun. Adapun alasan Solo dipilih sebagai lokasi investasi karena kota tersebut memiliki sumber daya manusia yang cukup mumpuni di bidang teknologi.

“NVIDIA dan Indosat komitmen berinvestasi US$200 juta untuk membangun Indonesian AI Nation di Solo,” kata Budi, Kamis (4/4/2024).

Budi juga mengatakan bahwa Presiden Direktur Indosat Vikram Sinha dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah melakukan pembicaraan mengenai hal ini. Rencana pembangunan pusat AI tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Namun, Budi enggan memberi tahu detail waktu pembangunan tersebut.

“Sebentar lagi, ini kan pondasinya kita bangun bahwa kita akan bangun pusat AI Indonesia. NVIDIA kan perusahan cip. Pabrik juga, detailnya nanti tunggu saja kabarnya baru bahwa ada komitmen ini, lho. Nanti skemanya apa ini masih dirapikan dalam waktu dekat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper