Elon Musk Rilis Chatbot Grok-1.5 untuk Medsos X Pekan Depan, Saingi Google Bard

Redaksi
Sabtu, 30 Maret 2024 | 06:30 WIB
Chief Executive Officer Tesla Elon Musk masuk ke dalam mobil Tesla saat meninggalkan sebuah hotel di Beijing, Cina 31 Mei 2023. REUTERS/Tingshu Wang/File Foto
Chief Executive Officer Tesla Elon Musk masuk ke dalam mobil Tesla saat meninggalkan sebuah hotel di Beijing, Cina 31 Mei 2023. REUTERS/Tingshu Wang/File Foto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Elon Musk mengumumkan bahwa startup kecerdasan buatannya xAI akan meluncurkan versi terbaru chatbot Grok-1.5 untuk platform media sosial X minggu depan. Chatbot tersebut diklaim bakal melampaui teknologi AI yang ada saat ini untuk semua metrik. 

Elon Musk ingin bersaing dengan ChatGPT OpenAI dan Google Bard di bidang chatbot AI generatif, dengan menghadirkan versi terbaru dari Grok. 

Grok adalah bot kecerdasan buatan generatif berbasis percakapan yang dikembangkan oleh xAI, berdasarkan model bahasa besar, untuk menandingin ChatGPT OpenAI yang juga didirikan oleh Elon Musk sebelumnya.

“Grok 2 harus melampaui AI saat ini di semua metrik. Sedang dalam pelatihan sekarang,” tulis Musk dalam akun sosial media, dikutip (30/3/2024).

Reuters melaporkan, Grok-1.5, versi yang disempurnakan dari chatbot Grok, akan tersedia untuk uji coba tahap awal dan pengguna Grok yang sudah ada di X dalam beberapa hari mendatang, kata xAI dalam sebuah pernyataan. 

Sementara itu dikutip dari Venturebeat, pada November 2023, xAI mengumumkan Grok-1 yang disebut dapat menjawab hampir semua hal untuk membantu umat manusia dalam pencarian pemahaman dan pengetahuan – terlepas dari latar belakang atau pandangan politik. 

Pada benchmark seperti GSM8K, HumanEval dan MMLU, yang dimiliki oleh xAI, Grok-1 mengungguli Llama-2-70B dan GPT-3.5.

Elon mengatakan Grok merupakan bagian dari X Premium. Namun, memang belum diumumkan apakah Grok akan dibuka untuk kalangan umum atau tidak. 

Berdasarkan informasi yang ditulis dari laman x.ai, Grok dapat menjawab hampir semua hal dan dapat menyarankan pertanyaan yang harus ditanyakan. 

Dikutip dari laman Techcrunch, database yang digunakan oleh Grok memiliki bentuk yang serupa dengan ChatGPT ataupun Llama 2 dari Meta. 

Lebih lanjut, Elon Musk mengatakan kecerdasan buatan yang satu ini dapat memanfaatkan akses real-time ke informasi tentang media sosial X dan di waktu yang sama juga mencari informasi terkini di internet terkait topik tertentu. 

“Grok memiliki akses real-time ke informasi melalui platform ????, yang merupakan keunggulan besar dibandingkan model lainnya,” ujar Elon Musk dalam akun X nya, Sabtu (4/11/2023).

Lebih lanjut, Elon Musk juga mengatakan kecerdasan buatan yang satu ini juga dapat menjawab pertanyaan dengan candaan ataupun sarkasme. Kendati demikian, Elon mengatakan Grok akan menolak untuk menjawab pertanyaan tertentu yang bersifat lebih sensitif. 

“Sistem Grok xAI dirancang untuk memiliki sedikit humor dalam tanggapannya,” ujar Elon. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper