Jaringan 4G Satelit Elon Musk Hadir Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024

Crysania Suhartanto
Kamis, 28 Maret 2024 | 12:05 WIB
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jaringan 4G dari satelit Starlink milik Elon Musk akan hadir di Indonesia untuk ikut mengawal mudik Lebaran 2024.

Telkomsel akan bekerja sama dengan satelit LEO untuk sediakan jaringan 4G di 14 kapal laut milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni pada momen Lebaran 2024.

VP Global Network Operation Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan ini merupakan use case pertama penggunaan Starlink di Telkomsel.

Sebagaimana diketahui, salah satu anak usaha dari induk usaha Telkomsel, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM), yakni Telkomsat sudah menjalin kerja sama B2B dengan Starlink sejak 2021.

“Jaringan 4G ini bekerja sama dengan Telkomsat dengan backbone-nya pakai LEO, Starlink. Nah ini merupakan use case pertama yang kemudian kita deploy,” ujar Galumbang dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/3/2024).

Galumbang mengaku kerja sama ini dilakukan karena ada daerah-daerah di laut yang tidak terjangkau infrastruktur internet jalur darat, dan hanya bisa terjangkau melalui satelit.

Oleh karena itu, Galumbang percaya, dengan adanya bantuan dari Starlink, Telkomsel bisa memberikan yang terbaik untuk pelanggan, sekalipun mereka jauh dari daratan.

Sebelumnya, Galumbang sempat mengatakan bahwa trafik internet Telkomsel akan mengalami peningkatan hingga 15,22% dari hari normal. Adapun penentuan hari normal tersebut diukur pada periode 22 Februari hingga 7 Maret 2024.

Galumbang mengatakan peningkatan traffik data akan meningkat hingga puncaknya mencapai 60 petabyte (PB). Adapun hal ini biasa terjadi pada hari ke-6.

Trafik ini paling banyak disumbang oleh game online sebesar 40,84%, baru disusul oleh komunikasi sebesar 25,49%, video streaming 22,61%, media sosial 11,14%, dan e-commerce 9,17%.

Galumbang mengatakan area yang diprediksi akan mengalami lonjakan paling besar adalah area 3, yang berada di daerah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

“Jawa Tengah, Jawa Timur itu tujuan utama mudik, kemudian diikuti dengan area 1. Sumatra itu tujuan mudik selain Jawa,” ujar Galumbang.

Oleh karena itu, Galumbang mengatakan Telkomsel akan meningkatkan kapasitas lebih dari 244.000 BTS yang ada di seluruh Indonesia. Sekitar 325 BTS baru juga akan dibangun, dan 70 BTS lainnya akan diperbaharui menjadi BTS 4G.

Selain itu, Telkomsel juga akan menaruh 36 BTS combat di titik-titik yang ramai dengan trafik pada momen tersebut. Galumbang juga memastikan bahwa sinyal Telkomsel akan terus tersedia di 17.575 km di seluruh Indonesia.

“Diharapkan [pada momen Lebaran 2024] tidak ada delay, bragging, buffering,” ujar Gulambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper