Bocoran iPhone 16, Kamera Balik ke Vertikal Seperti iPhone X

Annasa Rizki Kamalina
Sabtu, 30 Maret 2024 | 16:12 WIB
Ilustrasi deretan smartphone iPhone yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Ilustrasi deretan smartphone iPhone yang dijual di gerai Apple Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat pada Jumat (22/9/2023). - Bloomberg/Gabby Jones
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rumor kamera belakang iPhone 16 akan kembali tersusun secara vertikal, layaknya iPhone X, dibuktikan dengan adanya casing pertama yang diklaim untuk iPhone 16 Pro. 

Melansir dari gsmarena, Sabtu (30/3/2024), casing tersebut menunjukkan letak tombol Capture yang berada di samping, dan hari ini model non-Pro mendapatkan perlakuan yang sama.

Dengan kata lain, bocoran casing baru, yang menunjukkan dua casing untuk model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Adapun, fitur Capture Button yang akan berfungsi untuk merekam video. Tidak seperti Action Button yang bisa diprogram fungsinya, sepertinya Capture Button hanya memiliki satu fungsi khusus yaitu untuk merekam video.  

Bocornya desain casing ini menjadi penguat bahwa perubahan desain yang sering dirumorkan untuk kamera iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang akan datang. 

Seperti yang terlihat dalam bocorannya, kedua sensor tidak lagi disusun secara diagonal di dalam bentuk kotak membundar atau seperti iPhone 11 hingga 15.

Bocoran tersebut juga diperlihatkan oleh reviewer teknologi dan otomotif Sonny Dickson lewat akun twitterya. 

Tahun ini, kedua sensor tersebut akan diletakkan di bawah satu sama lain dalam tonjolan kamera vertikal, dengan susunan lampu kilat LED di bagian kanan tonjolan tersebut. 

Prototipe terbaru untuk model iPhone 16 non-Pro memiliki dua cincin terpisah untuk dua kamera, yang ditempatkan di permukaan yang ditinggikan berbentuk pil.

Hal ini membuatnya tampak seperti Apple mengambil inspirasi dari iPhone X, dari segi desain. Namun inti dari penataan ulang ini adalah agar kedua handset yang diluncurkan pada musim gugur ini dapat mendukung perekaman video spasial.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus juga dikatakan meminjam Tombol Aksi dari iPhone 15 Pro, serta tombol Capture yang peka terhadap tekanan yang juga dikabarkan untuk iPhone 16 Pro.

Meski demikian, masih terlalu dini dalam siklus desain iPhone sehingga banyak hal yang dapat berubah sebelum ponsel ini dirilis pada bulan September mendatang. 

Sementara itu, fitur iPhone 16 yang dibocorkan sebelumnya disebutkan memiliki fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang serupa dengan apa yang dilakukan Google dan Samsung dalam pembuatan teks-ke-gambar. 

AI tersebut juga akan disertakan pula kemampuan untuk, antara lain untuk meringkas dokumen dan menerjemahkan konten.

Selain itu, prototipe baterai iPhone 16 kabarnya berkapasitas 3.355 mAh. Ukuran baterai ini melonjak 2,5 persen dari baterai iPhone 15 Pro yang berkapasitas 3.274 mAh. 

Versi baterai baru ini juga dilaporkan memiliki cangkang logam yang sangat dingin. Bahkan, konektor juga didesain ulang untuk menunjukkan perbaikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper