Author

Ray Pulungan

CEO Pintar

Lihat artikel saya lainnya

OPINI: Peran Teknologi Menjawab Tantangan Pendidikan dan Pelatihan Masa Kini

Ray Pulungan
Jumat, 29 Maret 2024 | 20:49 WIB
Anak belajar di rumah
Anak belajar di rumah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi pembelajaran online saat ini berkembang pesat seiring dengan semakin panjangnya usia produktif angkatan kerja.

Karena orang-orang diperkirakan akan bekerja dalam waktu yang lebih lama, kebutuhan akan pembelajaran yang berkelanjutan juga meluas sepanjang hayat.

Pembelajaran online telah menjadi salah satu inovasi paling signifikan dalam dunia pendidikan dan pelatihan. Pengetahuan selalu mengalami pembaruan, dan masa efektif keterampilan terus mengalami penyusutan.

Hal-hal yang sebelumnya dianggap relevan dapat dengan cepat menjadi usang, sehingga dibutuhkan inovasi dalam pendekatan pembelajaran.

Teknologi dalam industri ini memiliki peran penting dalam mengubah paradigma tradisional pembelajaran menuju model yang lebih fleksibel dan terpersonalisasi.

Kebutuhan akan platform pembelajaran berbasis teknologi sangat besar hingga nilai pasarnya secara global diprediksi akan mencapai 348 miliar USD pada tahun 2030.

Di Asia Tenggara sendiri di prediksi bahwa pendapatan di pasar platform pembelajaran online akan mencapai US$973,70 juta pada tahun 2024 dan jumlah pengguna diperkirakan mencapai 36,5 juta pengguna pada tahun 2028.

Proyeksi nilai yang tinggi ini mencerminkan pentingnya peran teknologi dalam memenuhi tuntutan akan pembelajaran yang fleksibel dan responsif terhadap perubahan.

Pertumbuhan ini juga terjadi di kawasan Asia yang menyumbang secara signifikan terhadap keseluruhan nilai pasar.

Platform pembelajaran online kini menjadi solusi belajar yang efektif dan efisien bagi individu dan organisasi. Platform ini mampu memberikan rekomendasi materi belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar individu dalam format Teks, Video, Audio maupun Interaktif. Keberagaman format ini memungkinkan tercapainya pemahaman yang sama seperti belajar tatap muka.

Pembelajaran online juga menyediakan berbagai layanan pembelajaran, mulai dari pelatihan karyawan, pendidikan sarjana, sertifikasi, hingga program pengembangan diri lainnya. Hal ini memungkinkan individu untuk meningkatkan skillset mereka, baik hard skill maupun soft skill, seperti public speaking, digital marketing, UI/UX, desain grafis, dan bahasa asing.

Di samping itu semua, peluang dalam pendidikan dan pelatihan yang menurut saya menarik adalah pada titik-titik krusial kehidupan, yaitu ketika kita mengalami transisi dari satu fase penting ke fase lainnya.

Misalnya, momen pertama kali masuk sekolah, memasuki universitas, menjadi orang tua, beralih ke peran eksekutif, atau persiapan masa pensiun. Setiap fase tersebut memiliki dinamika yang unik.

Untuk membantu individu menavigasi transisi ini secara efektif, setiap pelaku yang memiliki platform pembelajaran berbasis teknologi perlu terlebih dahulu memahami kebutuhan, motivasi, dan konteks yang dialami pelajar.

Dalam konteks pembelajaran dewasa atau korporat, umpan balik bersifat langsung dan cepat karena pengguna secara implisit atau eksplisit memberikan tanggapan langsung melalui keputusan pembelian mereka. Pengguna akan memilih solusi yang paling bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran mereka. Oleh karena itu, setiap pelaku dituntut untuk terus berinovasi dan memberikan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ray Pulungan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper