Xiaomi 14 vs Asus ROG Phone 8: Bujet Rp11 Juta Mau Fotografi atau Gaming?

Redaksi
Kamis, 28 Maret 2024 | 10:03 WIB
Xiaomi 14/istimewa
Xiaomi 14/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua smartphone dengan chipset flagship Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm, bersaing pada 2024. Xiaomi 14 dan Asus ROG Phone. Memicu perdebatan tentang mana yang akan menjadi pilihan cocok jika memiliki bujet  Rp11 juta untuk beli smartphone baru. 

Xiaomi 14 dijual ke pasaran pada 29 Maret 2024 dengan harga Rp 11,9 jutaan sementara Asus ROG Phone 8 rilis pada Januari 2024 dengan harga Rp 10,9 jutaan. 

Xiaomi 14 memiliki RAM 12GB dengan memori internal 256GB begitu pula dengan Asus ROG Phone 8 yang juga mempunyai varian dengan RAM 16GB. Kedua HP ini juga menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang sama. 

Harapan terhadap pengalaman yang memuaskan muncul dengan kehadiran ponsel yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3.

Selain itu, chipset ini juga menawarkan peningkatan pada kemampuan artificial intelligence (AI), menjanjikan pengalaman yang lebih cerdas dan responsif bagi pengguna.

Xiaomi 14 hadir dengan mengusung layar AMOLED CrystalRes 1,5K (2670 x 1200), berukuran 6,36 inci. Layar ini juga menampilkan kecerahan puncak hingga 3000 nit. Adapun Asus ROG Phone 8 ROG menggunakan layar AMOLED berukuran 6.78 inci yang menawarkan refresh rate hingga 165Hz dan puncak kecerahan layar hingga 2500 nit.

Untuk hal fotografi, Xiaomi 14 berkolaborasi dengan Leica. Xiaomi 14 menggunakan lensa Leica Summilux dan peningkatan aperture ƒ/1.6 pada kamera utamanya, 

Dilengkapi dengan kamera ultra-wide Leica 14mm yang menghasilkan gambar berkualitas 50MP. Xiaomi 14 tidak melupakan pengguna selfie dengan menyematkan kamera depan beresolusi 32MP. Selain itu, ponsel ini juga menawarkan kemampuan merekam video hingga resolusi 8K dan perekaman selfie hingga resolusi 4K.

Sementara ROG Phone 8 Pro hadir dengan sistem kamera triple yang memenuhi kebutuhan fotografi, mencakup kamera utama 50 MP dengan lensa wide, kamera telefoto 32 MP, dan kamera ultrawide 13 MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie dengan resolusi 32 MP.

Dalam hal performa, ROG Phone 8 Series didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Desain termal GameCool 8 inovatif memastikan gaming marathon tanpa overheating dengan Konduktor Rapid-Cooling yang mengalirkan panas langsung dari prosesor ke penutup belakang. 

Dengan tambahan AeroActive Cooler X yang baru, lebih kecil namun lebih efisien, mampu menurunkan suhu penutup belakang hingga 26°C.

Sementara Xiaomi 14 menampilkan Qualcomm FastConnect 7800 yang membawa Wi-Fi 7 dengan kapasitas 320MHz yang mengesankan. Sistem pendinginan Xiaomi IceLoop yang terintegrasi memberikan tingkat kelancaran yang tak tertandingi dalam berbagai situasi, termasuk perekaman video, fotografi komputasional, AI real-time, dan gaming intensif.

Xiaomi 14 hadir dengan sistem manajemen baterai Xiaomi Surge, yang menjamin kinerja daya tahan lama untuk penggunaan sepanjang hari. Ditenagai oleh baterai 4.610mAh, perangkat ini didukung oleh HyperCharge 90W untuk pengisian daya cepat kabel, serta wireless HyperCharge 50W untuk pengisian daya nirkabel yang efisien.

Sementara ROG Phone 8 menyajikan baterai 5.500 mAH dan pengisi daya USB PD HyperCharge 65 Watt yang kuat. Selain itu, tambahan pengisian daya nirkabel 15 Watt memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pengguna.

Begitulah spesifikasi dan keunggulan masing-masing produk. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi untuk fotografi yang unggul atau pengalaman gaming yang memukau. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper