Sony Bakal Rilis PS5 Pro Tahun Ini, Punya Performa 3X Lipat Lebih Baik

Rahmad Fauzan
Senin, 18 Maret 2024 | 15:19 WIB
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sony dikabarkan sedang mengembangkan model Play Station 5 Pro yang digadang-gadang bakal dirilis tahun ini. PS5 Pro disebut-sebut memiliki performa 3 kali lebih baik dibandingkan dengan PS5 eksisting.

Mengutip The Verge, informasi ini pertama kali dibocorkan oleh Youtuber dengan akun Moore’s Law is Dead yang mengaku berhasil mengakses ringkasan teknis dokumen PS5 Pro dengan nama sandi Trinity.

“Dalam tangkapan layar dari dokumen teknis itu disebutkan PS5 Pro memiliki kemampuan rendering 45% lebih baik dibandingkan dengan PS5,” tulis The Verge, dikutip Bisnis.com, Senin (18/3/2024).

PS5 Pro ditopang oleh konsol 67 teraflops dengan floating point 16-bit. Sementara itu, PS5 eksisting memiliki konsol 10.28 teraflops.

Perbedaan lainnya, PS5 Pro menggunakan AMD dengan kualitas mendekati Radeon RX 7800 XT sebagai penopang kinerjanya. PS5 masih ditopang oleh AMD Radeon RX 6700.

Dengan dukungan Radeon RX 7800 XT, performa PS5 Pro bakal lebih baik dari pendahulunya untuk permainan ray-traced, dengan akurasi gambar 3 hingga 4 kali lipat lebih tinggi.

Hal lain yang cukup menarik perhatian adalah penggunaan PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR), yaitu machine learning yang mendukung kualitas gambar serupa dengan DLSS Nvidia atau FSR AMD.

“Ini mungkin termasuk peningkatan ke resolusi 8K di versi mendatang dan akan membantu meningkatkan kinerja ray tracing pada perangkat keras PS5 Pro yang dikabarkan ini,” tulis The Verge.

Kendati demikian, beberapa spesifikasi model Pro masih sama dengan PS5. Seperti desain disc drive bongkar-pasang, memori berkecepatan 576 GB/s (28% lebih cepat dibandingkan dengan PS5), dan ‘High CPU Frequency Mode’ 3.85GHz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper