Update PS5 Maret 2024, Kualitas Speaker dan Mikrofon Meningkat

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2024 | 09:19 WIB
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Sony PlayStation 5/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sony baru saja merilis update software 9.00 pada PlayStation 5. Salah satu perbaikan utama ada pada kontroler DualSense, di mana Sony meningkatkan speaker dan mikrofon untuk meningkatkan kualitas suara dalam game dan obrolan suara. 

Sony juga menambah fitur pointer dan reaksi emoji pada fitur Share Screen, dan kemampuan untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5.

Melansir dari The Verge Kamis (14/3/2024), Sony melakukan pembaruan firmware pada kontroler nirkabel DualSense dan DualSense Edge sebagai bagian dari pembaruan ini untuk meningkatkan volume suara dalam game dan obrolan suara. 

Sony mengumumkan bahwa kualitas mikrofon pada DualSense telah ditingkatkan dengan model pembelajaran mesin berbasis AI.

Hal ini berarti kebisingan latar belakang dari tekanan tombol dan audio game akan direduksi, yang diharapkan membuat pengalaman dalam obrolan suara menjadi lebih baik.

Fungsi Share Screen di PS5 juga mendapatkan peningkatan dengan penambahan pointer dan reaksi emoji, memungkinkan teman untuk menggambar garis instruksional pada layar bersama untuk menyoroti area atau objek.

Penonton juga dapat mengirim reaksi emoji kepada host dari layar yang dibagikan. 

Untuk membuat fitur ini tersedia, aktifkan Viewer Interactions dalam pengaturan Share Screen.

Anda sudah dapat menggunakannya dalam pesan karena sudah didukung Emoji Unicode 15.1. Anda juga dapat menonaktifkan pointer dan emoji ini jika terlalu mengganggu.

Pembaruan aplikasi seluler PlayStation juga akan hadir nanti bulan ini untuk memungkinkan pengguna iOS dan Android menggunakan interaksi Share Screen baru ini.

Sony memperbolehkan pemilik PS5 untuk menyesuaikan kecerahan indikator daya PS5 sebagai bagian dari pembaruan ini. 

Cara Mengubah Kecerahan Layar di PS5

Untuk mengubah kecerahan pada indikator daya PS5, pergi ke "Settings" > "System" > Beep and Light > lalu pilih Brightness. Anda dapat memilih dari tiga opsi baru: dim, medium, dan bright (default). Namun, Anda tidak akan dapat sepenuhnya menonaktifkan indikator daya tersebut. 

Update ini juga mencakup perbaikan kinerja dan stabilitas untuk perangkat lunak sistem, kontroler DualSense, headset dan kontroler PlayStation VR2, serta kontroler Access.

Cara Melakukan Update Secara Manual

Jika Anda tidak secara otomatis diminta untuk melakukan update, Anda dapat melakukan unduhan perangkat lunak dengan pergi ke Settings > System > System Software > System Software Update and Settings, dan pilih "Update System Software" di bawah "Update Available."

Pembaruan ini pertama kali tersedia dalam uji coba pada bulan lalu dan kini akan tersedia secara global untuk semua pemilik PS5 hari ini.

PS5 diluncurkan pada November 2020 saat pandemi sedang melanda, dan kini telah terjual sebanyak 54,7 juta unit dalam waktu lebih dari tiga tahun. Bulan November ini, konsol tersebut akan genap berusia empat tahun, dengan desas-desus bahwa model PS5 Pro telah siap menanti. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper