Hindari Serangan Siber, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 8 Maret 2024 | 16:48 WIB
Ilustrasi mencegah serangan siber
Ilustrasi mencegah serangan siber
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemajuan teknologi membuat semua aktivitas bisa dilakukan secara online atau digital.

Mulai dari kegiatan transaksi jual beli, pemindahan dana hingga investasi.

Namun, di tengah tingginya teknologi tinggi itu, ada risiko keamanan yang harus diwaspadai.

Fikri Anray Secario, Product Owner Pine VPN Indonesia mengatakan ancaman serangan siber akan meningkat seiring makin masifnya pengguna internet aktif di Tanah Air.

Dia mengatakan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan, jumlah pengguna internet pada 2018 sebanyak 171,1 juta orang.

Jumlah ini diperkirakan meningkat menjadi 215,6 juta jiwa pada 2023. Artinya, lebih dari 78% penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif internet.

Sementara, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat bahwa Indonesia mendapatkan 279,84 juta serangan siber pada 2023. Serangan ini menyasar institusi pemerintahan, korporasi, maupun kepada individu warga negara.

Sejauh ini, Indonesia terus melakukan upaya berkelanjutan untuk menjaga keamanan siber dari berbagai risiko dan ancaman.

Berdasarkan data National Cyber Security Index (NCSI) pada 2023, Indonesia menduduki peringkat ke-49 dari 176 negara dengan skor 63,64 poin, masih berada di bawah skor rata-rata dunia yang mencapai 67,08 poin.

Sementara di regional ASEAN, Indonesia masuk kategori lima besar setelah Malaysia (79,22), Singapura (71,43), Thailand (64,94).

Untuk menghindari serangan siber ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan berikut ini

1. Cek apakah Anda sudah terlibat dalam pelanggaran data

Kunjungi hasibeenpwned.com dan ubah kata sandi tersebut untuk akun apa pun yang menurutnya mungkin telah disusupi.

2. Periksa ulang keamanan password Anda

Uji kekuatan kata sandi Anda di howsecureismypassword.net (gunakan sesuatu yang mirip dengan kata sandi asli Anda untuk menguji kekuatannya).

Saat memilih kata sandi, ingatlah: semakin panjang, semakin kuat. Kata sandi yang kuat setidaknya terdiri dari 12 karakter dan sulit ditebak.

Menggunakan kalimat adalah cara terbaik untuk membuat kata sandi panjang yang tidak akan pernah Anda lupakan.

3. Hindari password ini

Kata sandi berikut dianggap yang paling umum dan paling mudah untuk dipecahkan – jadi jika Anda memiliki salah satu dari kata sandi ini atau variasi serupa, Anda harus secara serius mempertimbangkan untuk mengubahnya – secepatnya!

4. Jangan percaya pada siapapun

Ini mungkin terdengar agak ekstrem – namun selalu waspada terhadap email palsu dan halaman web yang disusupi (spam dan phishing). Berinteraksi dengan ini akan membahayakan informasi Anda dan dapat mengunduh virus. Ingat juga jangan buka email dari alamat email yang tidak dikenal  lampiran sampah di email yang tidak terduga hindari klik yang berisiko – alih-alih ketikkan alamatnya ke browser Anda.

5. Amankan perangkat Anda

Jika perangkat seluler Anda tidak aman, hilang, atau dicuri, perangkat tersebut dapat digunakan untuk mengakses informasi, uang, atau mencuri identitas Anda dan data tak tergantikan seperti foto atau pesan. Amankan perangkat Anda dengan menginstal perangkat lunak anti-virus mengatur kata sandi, isyarat atau sidik jari yang harus dimasukkan untuk membuka kunci mengatur perangkat agar memerlukan kata sandi sebelum aplikasi diinstal membiarkan Bluetooth tersembunyi saat tidak digunakan dan menonaktifkan koneksi otomatis ke jaringan mengaktifkan fungsi penguncian dan/atau penghapusan jarak jauh, jika perangkat Anda mendukungnya.

Fikri berharap, kehadiran Pine VPN yang memiliki tingkat keamanan berstandar global dapat berkontribusi dalam menyediakan solusi yang aman dan nyaman untuk digunakan oleh para pengguna Indonesia, terutama pelaku bisnis, saat beraktivitas di dunia maya.

"Solusi paling sederhana dan mudah diakses adalah menggunakan VPN. Demikian, data akan terenkripsi sehingga saat pengguna beraktivitas secara online, ia seolah tidak terlihat oleh penjahat, bahkan saat menggunakan Wifi publik sekalipun," jelasnya.

Dia juga mengatakan masuknya Pine VPN ke Indonesia memberikan pilihan yang lebih terjangkau bagi penggunanya.

"Selain menggunakan teknologi Swiss yang sudah terkenal di dunia keamanan, VPN ini menawarkan fitur kompresi foto dan video hingga 90% tanpa mengurangi kualitas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper