Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Browser Anti Blokir!

Hesti Puji Lestari
Sabtu, 17 Februari 2024 | 05:30 WIB
Cara membuka situs diblokir dengan berbagai cara, termasuk dengan browser anti blokir./Bisnis.com
Cara membuka situs diblokir dengan berbagai cara, termasuk dengan browser anti blokir./Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut adalah beberapa cara membuka situs yang diblokir dengan mudah dan simpel. Pernahkan Anda mengalami kesulitan dalam membuka situs tertentu. Bunyi peringatannya mungkin bermacam-macam, namun pada intinya Anda tidak diperkenankan membuka situs tersebut.

Jika demikian, maka berarti situs yang sedang ingin Anda buka itu sedang diblokir. Pemblokiran bisa dilakukan oleh beberapa pihak, namun biasanya adalah oleh negara untuk melindungi warga negara dari informasi tak layak situs tersebut.

Namun penting untuk Anda mengetahui beberapa alasan mengapa adanya situs terlarang atau situs website yang sengaja diblokir. Berikut penjelasan mengapa beberapa situs dilarang untuk dikunjungi.

Penyebab Situs Diblokir di Indonesia

  • Konten Tidak Sesuai

Situs yang menyajikan konten yang melanggar hukum atau norma-norma moral dapat diblokir. Ini termasuk konten pornografi, perjudian, atau kekerasan yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

  • Penyebaran Informasi Negatif

Situs-situs yang menyebarkan informasi negatif, seperti hate speech, menebar kebencian, atau menyebarkan propaganda yang merugikan kepentingan publik, dapat diblokir untuk menjaga stabilitas dan keamanan masyarakat.

  • Pelanggaran Hak Cipta

Situs yang menyediakan konten ilegal atau melanggar hak cipta tanpa izin dapat diblokir untuk melindungi hak pemilik asli konten.

  • Keamanan dan Privasi

Situs yang terindikasi melakukan praktik phishing atau mencuri data pribadi pengguna juga bisa diblokir demi melindungi keamanan dan privasi online warga Indonesia.

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Namun jika memang Anda sangat membutuhkan informasi di situs terblokir tersebut, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk membuka situs yang di blokir di bawah ini. Ingat, gunakan dengan bijak dan sebaik-baiknya!

1. Gunakan VPN

Cara pertama untuk membuka situs diblokir adalah dengan menggunakan VPN.

  • Pilih VPN yang memiliki reputasi baik
  • Daftar untuk mendapatkan akun di VPN tersebut
  • Instal VPN kemudian masuk ke akun yang sudah Anda buat
  • Saat Anda terhubung ke server yang dipilih, lalu lintas Anda akan tampak seolah-olah berasal dari negara lain

2. Gunakan Proxy

Cara ini bisa dilakukan jika Anda sedang buru-buru. Seperti diketahui, membuka situs yang diblokir menggunakan VPN memerlukan berbagai tahapan.

Nah, jika Anda malas untuk mengikuti tahapannya, Anda bisa menggunakan Proxy.

Sama seperti VPN, proxy menyembunyikan alamat IP asli Anda dari situs web, serta alamat IP situs web dari pemerintah, tempat kerja, atau universitas Anda. Menggunakan proxy gratis dan tidak memerlukan instalasi.

Proxy juga dapat membuka beberapa halaman yang dibatasi secara geografis, tetapi Anda tidak akan beruntung dengan layanan streaming besar seperti Netflix, karena proxy sering kali masuk daftar hitam.

3. Gunakan Cache

Jika Anda pernah mengunjungi situs diblokir tersebut, namun tidak bisa dikunjungi lagi, Anda bisa menggunakan cache, sebab URL situs tersebut masih tersimpan di sana.

  • Buka beranda Google dan masukkan ke situs web atau webpage yang ingin dibuka blokirnya
  • Klik panah ke bawah di sebelah kanan situs URL
  • Klik Cached

4. Gunakan Alamat IP bukan URL

Selalu ada kemungkinan institusi Anda memblokir URL tertentu, bukan IP. Jika demikian, Anda dapat membuka blokir situs dengan bantuan alamat IP-nya.

URL adalah rangkaian alamat situs web yang Anda lihat di bilah alamat (misalnya, https://facebook.com atau https://reddit.com), sedangkan alamat IP adalah rangkaian angka tertentu yang unik untuk server hosting situs web.

Anda dapat menempelkannya ke bilah alamat dan mengakses situs yang Anda perlukan.

Namun, bagaimana cara mengetahui alamat IP suatu situs web? Ada beberapa metode untuk menemukan alamat IP, namun berikut cara melakukannya di Windows:

  • Ketik cmd ke menu mulai Anda
  • Buka Prompt Perintah
  • Masukkan "ping" dan [nama situs web] yang ingin Anda buka blokirnya (misalnya reddit.com)

Browser Anti Blokir

Selain cara membuka situs diblokir di atas, di bawah ini terdapat beberapa aplikasi browser yang bisa digunakan untuk mengakses beberapa situs terblokir di Indonesia. Apa saja browser anti blokir, berikut diantaranya:

  • Brave Browser

Brave Browser memiliki fitur yang mempermudah pengguna untuk membuka situs yang terblokir. Ini membantu pengguna untuk mengakses konten yang mungkin dibatasi oleh penyensoran internet.

  • Aloha Browser

Aloha Browser adalah browser yang memiliki kemampuan anti-blokir, memungkinkan pengguna untuk mengakses situs yang diblokir dengan mudah. Hal ini membuatnya menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin melewati pembatasan akses internet.

  • BF Browser

BF Browser adalah aplikasi browser VPN yang dapat membantu pengguna untuk membuka situs yang terblokir dengan cara melewati pembatasan geografis. Ini membuka pintu akses ke konten yang mungkin tidak tersedia di wilayah tertentu.

  • UC Browser

UC Browser juga dapat membuka situs yang terblokir dengan menggunakan fitur VPN-nya. Ini membantu pengguna untuk mengakses konten yang mungkin tidak tersedia di wilayah mereka tanpa batasan geografis.

Itulah cara membuka situs yang diblokir dengan mudah dan beberapa browser yang cukup dikenal dengan fitur yang bisa mengakses situs diblokir atau terlarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper