Peneliti Ungkap Cara Baru Temukan Sumber Air di Planet Alien

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 7 Januari 2024 | 17:44 WIB
Peneliti Ungkap Cara Baru Temukan Sumber Air di Planet Alien/NASA
Peneliti Ungkap Cara Baru Temukan Sumber Air di Planet Alien/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti telah menemukan strategi baru dalam pencarian air di exoplanet alias planet alien.

Dalam studi baru yang diterbitkan pada 28 Desember di jurnal Nature Astronomy, para peneliti berhipotesis bahwa jika atmosfer sebuah planet ekstrasurya memiliki lebih sedikit CO2 dibandingkan tetangganya, mungkin terdapat banyak air di permukaannya – atau bahkan kehidupan.

Saat ini, menemukan air cair di planet di luar tata surya merupakan tantangan besar. Dari sekitar 5.000 exoplanet yang kami temukan, belum ada satupun yang terkonfirmasi adanya air dalam bentuk cair.

Hal terbaik yang dapat dilakukan para ilmuwan adalah mendeteksi jejak air di atmosfer planet ekstrasurya dan menentukan apakah planet secara teoritis dapat mendukung keberadaan air dalam bentuk cair.

“Kita tahu bahwa awalnya atmosfer bumi sebagian besar terdiri dari CO2, namun kemudian karbon tersebut larut ke lautan dan membuat planet ini mampu mendukung kehidupan selama empat miliar tahun terakhir atau lebih,” kata penulis utama studi Amaury Triaud, profesor eksoplanetologi di Universitas Birmingham di Inggris dilansir dari Livescience.

Jika para ilmuwan mengamati atmosfer rendah karbon serupa di sebuah planet ekstrasurya, hal ini dapat mengindikasikan adanya lautan luas yang serupa dengan lautan kita, kata para peneliti.

Mencari CO2 lebih mudah dibandingkan mencari air cair. CO2 menyerap radiasi infra merah dengan sangat baik, artinya menghasilkan sinyal kuat yang dapat dideteksi oleh para ilmuwan.

Teknik ini juga dapat dilakukan dengan teleskop yang sudah ada, seperti James Webb Space Telescope (JWST). Pengamatan di darat juga dapat dilakukan karena panjang gelombang tertentu CO2 diukur — sedangkan atmosfer bumi dapat menghentikan eksperimen pada panjang gelombang lain dengan menyerap sebagian sinyal.

"Ini cara yang sangat bagus untuk melakukan hal ini. Dan ini juga tidak akan memerlukan investasi waktu teleskop secara besar-besaran, yang mana hal ini sangat penting karena hal ini sangat berharga bagi komunitas kita," kata Sarah Casewell, dosen di Fakultas Fisika dan Astronomi. di Universitas Leicester di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Menariknya, skenario lain yang bisa berkontribusi pada atmosfer rendah karbon adalah kehidupan itu sendiri. Cara utama kehidupan di planet kita menangkap karbon adalah melalui fotosintesis dan pembuatan cangkang, dan sekitar 20% dari seluruh penangkapan karbon di Bumi disebabkan oleh proses biologis.

“Meskipun ada banyak harapan awal, sebagian besar rekan kami akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa teleskop besar seperti JWST tidak akan mampu mendeteksi kehidupan di exoplanet. Pekerjaan kami membawa harapan baru,” penulis utama studi Julien de Wit, asisten profesor ilmu planet di Massachusetts Institute of Technology, kata dalam pernyataan itu. “Dengan memanfaatkan ciri khas karbon dioksida, kita tidak hanya dapat menyimpulkan keberadaan air cair di planet yang jauh, namun juga menyediakan jalan untuk mengidentifikasi kehidupan itu sendiri,” kata de Wit.

Meskipun pendekatan ini pada prinsipnya tampaknya akan berhasil, mungkin masih ada kendala karena tidak jelas berapa banyak planet ekstrasurya terestrial yang juga memiliki atmosfer. “Menemukan sistem yang sempurna untuk menguji hal ini mungkin menjadi sedikit lebih menantang daripada yang kita duga sebelumnya,” kata Casewell kepada Live Science.

Namun seiring para peneliti terus menemukan lebih banyak exoplanet, semakin banyak pula atmosfer yang akan terlihat. Dan teknik ini dapat membantu mengetahui apakah mereka dapat mempertahankan kehidupan.

Setelah karbon larut di lautan, aktivitas tektonik kemudian menguncinya di kerak bumi, sehingga menciptakan penyerap karbon yang efektif. Inilah salah satu alasan mengapa planet kita memiliki tingkat CO2 yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan tetangga kita — atmosfer bumi mengandung sekitar 0,04% CO2, sedangkan atmosfer di Venus dan Mars mengandung lebih dari 95% CO2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper