Telkom Siapkan Kapasitas 28 Terabita Antisipasi Lonjakan Trafik Tahun Baru

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 29 Desember 2023 | 17:25 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  (TLKM) menyiapkan kapasitas hingga 28 Terabita untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data saat tahun baru. Perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut juga memperluas jaringan di beberapa titik baru, khususnya di ruas jalan tol. 

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan keandalan jaringan telekomunikasi menjadi hal yang penting untuk mendukung seluruh layanan di BUMN, mulai dari kelistrikan hingga transportasi, selama tahun baru. 

Kementerian BUMN berusaha memastikan seluruh layanan berjalan optimal.

“Seluruh layanan selama tahun baru tidak akan berjalan jika jaringannya tidak optimal dan andal. Kami memastikan agar layanan untuk ritel dan korporasi siap melayani saat jam sibuk (peak hour) saat tahun baru, dan memastikan tidak ada layanan yang terganggu termasuk d i Indonesa Timur seperti Papua,”  kata lelaki yang akrab disapa Tiko, Jumat (29/12/2023). 

Sementara itu, Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah mengatakan perusahaan telah melakukan peningkatan dan perluasan jaringan untuk memastikan masyarakat dapat mengakses layanan data saat pergantian tahun. 

“Telkom menambah coverage untuk memberikan layanan di beberapa jalur baru seperti tol yang baru dibuka. Kami pastikan seluruh mobilitas terjaga,” Ririek. 

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan. secara kapasitas Telkom menyiapkan kapasitastas yang lebih besar. 

Telkom memperkirakan terjadi peningkatan trafik data sebesar 15% pada saat malam tahun baru dibandingkan dengan hari biasa. Peningkatan trafik 

Telkom Lonjakan kami perkiraan saat tahun baru tetapi sekarang sudah naik, terutama pada jalur-jalur mudik. pelabuhan, bandara, dan pada malam ibadan.

“Kami siapkan 28 terabyte dan [prediksi] peaknya sekitar 19 tera. Seluruh layanan ini kami gunakan diversity. Semua berjalan dengan baik. dan kami kawal dengan posko yang berlapis total ada 90 posko secara nasional yang bekerja 24 jam,” kata Herlan.

Untuk diketahui, selain menyiapkan jaringan di sejumlah titik dan posko, Telkom juga melalui anak usahanya Telkomsel, juga menawarkan beberapa paket layanan data, baik untuk internet rumah maupun internet bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper