Huawei Nova 12 Ultra dan Pro, Smartphone Konektivitas Satelit Seharga Rp10,1 Juta

Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 | 09:39 WIB
Huawei Nova 12 Pro
Huawei Nova 12 Pro
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Huawei, perusahaan teknologi multinasional asal China, baru saja meluncurkan Huawei Nova 12 series yakni Huawei Nova 12 Ultra dan Huawei Nova 12 Pro, dilengkapi fitur konektivitas terhubung dengan satelit.

Konektivitas satelit merupakan salah satu fitur utama ponsel ini, didukung oleh telepon satelit dan sistem pesan satelit Beidou dua arah. 

Dengan layanan ini, pengguna dapat menelepon teman dan kerabat serta mengirim pesan singkat, bahkan ketika tidak ada sinyal ponsel.

Dikutip dari GSMArena, Kamis (28/12/2023), fitur lainnya Huawei Nova 12 Ultra lainnya adalah kamera utama beresolusi 50 MP yang memiliki bukaan variable aperture dengan rentang f/1.4-4.0 dan filter warna RYYB.

Kamera utama ini ditemani dengan satu kamera belakang lainnya yang memiliki resolusi 8 MP (f/2.2) dengan fungsi ultrawide berbidang pandang 112 derajat. Kamera ultrawide dipasang pada modul berbentuk oval, mirip dengan kamera utama pada Huawei Nova 12 Ultra.

Selain itu, ponsel ini juga turut dibekali dengan dua kamera lainnya yang tersemat di punch hole berbentuk kapsul. Modul yang terletak di tengah atas layar tersebut memuat kamera ultrawide 60 MP dan kamera 8 MP Portrait.

Beralih ke aspek desain, Huawei Nova 12 Ultra menampilkan layar LTPO OLED berukuran 6,76 inci dengan resolusi 2.776 x 1.224 piksel. Layar ini memiliki refresh rate 120 Hz dan mampu menampilkan 1 miliar warna, serta dilapisi dengan pelindung layar Kunlun Glass.

Disisi perangkat keras, Huawei belum menyebutkan chipset apa yang digunakan Huawei Nova 12 Ultra.

Berdasarkan rumor yang beredar, ponsel ini ditenagai oleh chipset terbaru Huawei Kirin 9000S, chipset yang diproduksi 7n dengan prosesor octa-core dengan kecepatan clock maksimum 2.62 GHz.

Huawei juga tidak menyebutkan kapasitas RAM dari perangkat terbarunya. Namun yang jelas, ponsel ini hadir dengan dua pilihan media penyimpanan, yaitu 512 GB dan 1 TB, serta menjalankan sistem operasi khas Huawei HarmonyOS 4.

Dari segi daya, smartphone Huawei Nova 12 ini didukung oleh baterai berkapasitas 4.600 mAh yang mendukung pengisian daya cepat melalui konektor USB-C yang mendukung daya hingga 100 watt.

Fitur-fitur yang didukung Huawei Nova 12 Ultra termasuk pemindai sidik jari yang tertanam di bawah layar, GPS dual-band, NFC, speaker stereo, dan lain-lain. 

Huawei Nova 12 Ultra tersedia dalam tiga varian warna yaitu Biru, Putih, dan Hitam. Ketiga warna ini memiliki desain cangkang yang bisa dibilang unik, lantaran memiliki material kulit dan dihiasi dengan logo Nova dengan tekstur 3D.

Dikutip dari GSMArena, Rabu (27/12/2023), berikut adalah harga smartphone Huawei Nova 12 Ultra yang dipasarkan pertama kali di China:

1. Penyimpanan 512 GB seharga 4.699 yuan atau setara Rp10,1 juta (kurs: Rp2.154) 

2. Penyimpanan 1TB seharga 5.499 yuan atau setara Rp11,8 juta

Namun sayangnya, belum dapat dipastikan apakah Huawei Nova 12 Ultra akan dipasarkan di luar China, seperti di Indonesia. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper