Telkom (TLKM) Gandeng Huawei, Eksplorasi Peluang Bisnis Cloud dan Data Center

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 19 Desember 2023 | 10:59 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menjalin kesepakatan kerja sama strategis dengan Huawei dalam pembangunan layanan dan solusi B2B (Business-to-Business), termasuk eksplorasi peluang dari bisnis pangkalan data (data center) dan cloud. 

Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya mengatakan melalui nota kesepahaman strategis ini, diharapkan Telkom dan Huawei dapat bekerja sama dalam menyediakan layanan digital cloud baik untuk SME, enterprise, dan government. 

“Hal ini sesuai dengan inisiatif perusahaan untuk terus dapat memimpin segmen pasar B2B IT di Indonesia melalui strategi Five Bold Moves. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat mengakselerasi pengembangan talenta digital Indonesia untuk memperkuat bisnis dan komunitas lokal,” kata Budi, dikutip Selasa (19/12/2023). 

Merujuk data IDC, pasar komputasi awan atau cloud di Indonesia mencapai Rp14,6 triliun pada 2023. Pasar tersebut berpotensi tumbuh hingga 20%-30% seiring dengan adopsi cloud computing yang juga terus meningkat, terutama oleh korporasi serta dorongan untuk melakukan transformasi digital oleh pemerintah.

IDC juga memperkirakan pasar cloud di Indonesia berpotensi mencapai nilai US$1,38 miliar pada 2025. 

Diketahui kolaborasi Telkom dan Huawei Indonesia akan  meliputi dua pilar strategis yaitu kerja sama strategis B2B, di mana Telkom dan Huawei Indonesia bekerja sama mengeksplorasi dan menerapkan teknologi terkini digital, cloud, dan data center untuk memperkuat keahlian dan kemampuan yang diperlukan. 

Dengan transfer pengetahuan dan keahlian tersebut Telkom berharap dapat berdampak pada bisnis B2B dan meningkatkan pendapatan serta profitabilitas. 

Telkom juga berharap dapat menciptakan kesempatan dalam menumbuhkan aliran pendapatan baru untuk segmen B2B Telkom yaitu konglomerasi, pemerintah, dan usaha kecil-menengah (UKM). 

“Sementara pada pilar kedua adalah percepatan pembangunan keahlian TelkomGroup melalui kerja sama pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi yang berfokus pada pengembangan keahlian digital dan inovasi,” kata Budi.

CEO Huawei Indonesia Long mengatakan perusahaan akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur digital untuk membangun jaringan cloud cerdas, dan berorientasi masa depan yang akan mendukung implementasi strategi digital Indonesia.  

“Kami yakin, bersama-sama kita akan menorehkan tonggak penting lain dalam kerja sama strategis antara Telkom dan Huawei,” ujar Long.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper