Huawei P70 Seri Terbaru Rilis Kuartal I/2024, Dilengkapi Sensor Sony IMX989

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 | 09:18 WIB
Logo Huawei, produsen teknologi asal China (Jason Alden/Bloomberg)
Logo Huawei, produsen teknologi asal China (Jason Alden/Bloomberg)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Huawei, perusahaan teknologi multinasional asal China, akan memperkenalkan P70 Series pada pertengahan 2024. Huawei P70, Huawei P70 Pro, dan Huawei P70 Art akan dilengkapi Sony IMX989, yang memberikan pengalaman terbaik saat mengambil gambar.

Dikutip dari gizmochina, Selasa (19/12/2023), Huawei sedang menguji dua sensor gambar yakni Sony IMX989 dan OmniVision OV50H.

Sensor pertama yang sedang diuji yaitu Sony IMX989 berukuran 1 inci untuk meningkatkan kemampuan foto dan video pada kameranya. Hal ini menjadi pertama kalinya Huawei menggunakan sensor gambar berukuran 1 inci. Namun sayangnya, Huawei hanya akan menggunakan sensor Sony pada salah satu modelnya.

Analis Ming Chi Kuo menyebutkan akan menggunakan sensor gambar IMX989 berukuran 1 inci dan lensa hybrid kaca-plastik 1G6P.

Perlu diketahui, sensor Sony IMX989 1 inci telah terbukti meningkatkan kualitas foto dan video, hal ini terlihat pada perangkat seperti Oppo Find X6 Pro.

Untuk sensor kedua, Huawei juga sedang menguji coba sensor gambar OmniVision OV50H. Sensor ini memiliki resolusi 50 megapiksel dan ukuran format optik 1/1,3 inci. Ukuran piksel 1,2μm atau Sony IMX989 yang lebih kecil dibandingkan dengan 1,6m.

Hal ini dikarenakan spesifikasi teknisnya, OV50H merupakan pesaing kuat di pasar meskipun tidak memiliki luas permukaan terbesar.

Tak hanya itu, seri P70 juga tampil memukau dengan teknologi kamera canggih, yaitu Huawei P70 mengadopsi lensa 5P (1/3,6 inci), P70 Pro, dan P70 Art menyempurnakan pengalaman dengan lensa 6P (1/2,5 inci). 

Secara khusus, kamera lebar P70 Art dilengkapi dengan lensa hybrid CIS 1/1 inci dan 1G6P, yang menunjukkan komitmen Huawei untuk mendorong batas-batas fotografi ponsel pintar.

Penggunaan kaca cetakan pada lensa 1G6P, yang dipasok oleh Largan dan Sunny Optical, memberikan kesan lebih premium dan menandakan potensi perubahan dalam standar industri. Pemasok Largan dan Sunny Optical, yang sebelumnya memiliki pangsa pasokan yang sedikit lebih tinggi, memiliki posisi yang baik untuk mendapatkan manfaat dari produk seri P70. Volume pengiriman meningkat secara signifikan selama musim sepi (low season) tradisional.

Sensor tersebut mendukung pemutaran resolusi penuh pada 30 fps. Ada juga model 12,5Mp pada 120fps dan HDR 60fps. Selain itu, OmniVision OV50H juga mencapai rentang dinamis, mencapai 100dB saat mode HDR diaktifkan.

Dikutip dari huaweicentral, Senin (18/12/2023), pada Maret tahun ini, Huawei telah memperkenalkan ponsel baru seri P60 yang mencakup tiga varian.

Tak dipungkiri, perangkat ini telah diterima dengan baik oleh konsumen Tiongkok, diterima dengan hangat meskipun hanya dengan pengalaman 4G. Bahkan, perusahaan juga menjual smartphone ini di pasar luar negeri, namun tidak bisa dibandingkan dengan produk andalan Huawei P30 Pro dan P40 Pro.

Analisis produsen Huawei memperkirakan bahwa seri Huawei P70 akan melampaui penjualan seri Huawei P60 dan mengambil alih pertumbuhan pasar seluruh P seri sebesar 100% pada tahun 2024.

Kuo mengatakan bahwa pertumbuhan baru akan dipimpin oleh chipset 5G Kirin baru, yang ingin disempurnakan oleh perusahaan untuk smartphone andalan yang akan datang.

Maka demikian, seri Huawei P70 diperkirakan tidak akan menggunakan chip yang sama dengan Huawei Mate 60 Pro, yakni Kirin 9000S 7 nanometer, tetapi akan menggunakan chip baru berukuran 5nm.

Sebagai informasi, antisipasi meningkat seiring Huawei bersiap meluncurkan seri P70 yang inovatif, termasuk model P70, P70 Pro, dan Pro Art, pada paruh pertama tahun 2024. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper