TikTok Hindarkan Konten Misinformasi Jelang Pemilu 2024 Melalui #SalingJaga

Restu Wahyuning Asih
Jumat, 15 Desember 2023 | 08:59 WIB
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga mengakses aplikasi Tiktok di Jakarta, Rabu (13/12/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - TikTok serukan inisiatif proaktif di bawah kampanye #SalingJaga untuk melindungi integritas pemilu dan melawan misinformasi.

Pihaknya pun meluncurkan sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital.

Dalam video tersebut berisi rangkaian inisiatif untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas khususnya menjelang Pesta Demokrasi di tahun 2024 mendatang.

Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, mengatakan bahwa saat ini berbagai informasi terus mengalir dengan deras setiap hari.

Banyaknya konten-konten tersebut pun tak jarang membuat warganet kewalahan untuk mengolah informasi yang ada.

"Termasuk untuk mengonfirmasi kredibilitas dari informasi yang ditemukan di platform digital dan media sosial. Karenanya, kami ingin membantu masyarakat untuk tidak hanya bersiap menghadapi, tapi juga memahami cara melawan misinformasi di ranah digital," ucapnya dalam siaran pers #SalingJaga pada Kamis (14/12/2023).

TikTok juga menegaskan komitmennya dalam menjaga integritas Pemilu dengan melawan penyebaran misinformasi dengan cara berkerja sama dengan Rekata Studio dalam film "Budi Pekerti".

Kemudian kerja sama juga dilakukan dengan meluncurkan "Pusat Panduan Pemilu 2024&" yang didukung oleh KPU RI dan BAWASLU RI pada laman khusus di platform TikTok.

Serta bekerja sama juga dengan menggandeng mitra cek fakta independen yakni AFP, MAFINDO dan Perludem.

Dalam video #SalingJaga ini, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dims The Meat Guy.

"Kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar," ucap Merry Riana.

Influencer tersebut mengatakan bahwa saat ini masyarakat memiliki peran untuk #SalingJaga, dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video.

TikTok juga mengingatkan pengguna bahwa mereka bisa mengambil kendali atas konten-konten yang muncul di media sosial mereka.

Pengguna pun dapat memanfaatkan fitur keamanan TikTok untuk mengelola konten yang hadir di laman For You (FYP) dan melaporkan konten yang terduga mengandung misinformasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper