Jelajah Sinyal 2023: Sinyal Kencang Tumpuan Puskesmas di PLBN Napan

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 28 November 2023 | 08:10 WIB
Suasana salah satu menara BTS di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (27/11/2023). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana salah satu menara BTS di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (27/11/2023). JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, KEFAMENANU -- Laporan dari Puskesmas Napan tak berarti tanpa sinyal internet. Nyaris seluruh operasional layanan kesehatan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan itu mengandalkan keandalan jaringan. 

Beruntung, tower Base Transceiver Station (BTS) 4G kini menjulang di perbatasan negara RI-Timor Leste, Napan, Bikomi Utara, NTT. Jaringan internet setahun terakhir pun tak diragukan, sinyal kencang memudahkan puskesmas menyebarkan laporan ke daerah hingga pusat. 

Tanpa internet, Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas Napan, Riky Rosinus Tumbas harus melaporkan data pasien hingga permintaan obat secara manual ke daerah. Butuh waktu tak sebentar untuk menyetor laporan tersebut jika sinyal tak mumpuni.

Dia mengatakan saat ini laporan ke puskesmas telah dilakukan secara online. Ada banyak macam aplikasi dengan program yang berbeda-beda, seperti Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK), M-Silantor, hingga aplikasi Indikator Mutu (IKM). 

"Untuk penggunaan digital, kita biasa setiap bulan itu laporan online. Setiap program ada aplikasinya. Laporan tiap bulan pakai itu dan sudah optimal," kata Riki saat ditemui tim Jelajah Sinyal 2023, Senin (27/11/2023). 

Petugas menujukkan aplikasi Puskesmas
Petugas menujukkan aplikasi Puskesmas

Misalnya, aplikasi ASIK yang digunakan untuk laporan imunisasi hingga screening pasien. Kemudian, M-Silantor untuk laporan penyakit menular, sedangkan IKM merupakan pengukuran mutu pelayanan keperawatan di Napan. 

Sementara itu, untuk pendaftaran pelayanan masyarakat pun dilakukan online di puskesmas. Petugas sendiri yang akan membantu pendaftaran online lewat PCARE, sehingga warga tidak lagi kesulitan. 

Puskesmas Napan berdiri sejak tahun 2011 dan terus melakukan pembaruan bangunan dan faskes pada 2018. Sementara, digitalisasi mulai hadir di puskesmas itu 2022 lalu. 

"Baru pakai digital tahun 2020, karena sekarang kita mau print untuk laporan juga pakai kertas tidak boleh, jadi harus online tetapi manual tetap diarsipkan di puskesmas," ungkapnya. 

Pembenahan puskesmas Napan juga seiring dengan masifnya pengerjaan proyek infrastruktur di area zona inti dan zona sub inti PLBN NTT yang ditargetkan rampung akhir 2023.

Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengembangan sarana prasana pendukung selesai akhir 2023.   

Kecepatan Jaringan PLBN Napan

Sinyal XL Axiata menjadi andalan bagi puskesmas Napan. Selain karena kecepatan dan jaringan yang kencang, jaringan XL menjadi satu-satunya yang hidup ketika listrik padam. Kendala itu tak lagi menjadi permasalahan berarti sekarang. 

Bagi Riki, digitalisasi telah membawa perubahan besar dalam menopang fasilitas kesehatan di puskesmas di pinggiran batas negara. Pelayanan administrasi pasien hingga kebutuhan obat dapat terpenuhi dengan mudah.

"Kalau untuk kesulitan selama ini belum ada hambatan, masih berjalan bagus. Iya efektif untuk pelayanan kesehatan masyarakat," pungkasnya.

Tim Jelajah Sinyal 2023 menunjukan uji kecepatan jaringan internet di dekat menara BTS milik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) yang disewa oleh PT XL Axiata Tbk. (EXCL) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (27/11/2023)

Hasil uji kecepatan jaringan internet di perbatasan negara Indonesia dan Timor Leste tersebut menunjukan kecepatan jaringan XL Axiata untuk mengunduh 14,2 Mbps dan kecepatan jaringan untuk mengunggah 10,9 Mbps. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper