Target Startup bukaPO Penghasilan UMKM Rp352 Miliar

Hafiyyan
Senin, 13 November 2023 | 18:54 WIB
Startup pre-order untuk masakan rumahan bukaPO menargetkan penghasilan UMKM di bawah naungannya bisa mencapai Rp352 miliar.
Startup pre-order untuk masakan rumahan bukaPO menargetkan penghasilan UMKM di bawah naungannya bisa mencapai Rp352 miliar.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Startup pre-order untuk masakan rumahan bukaPO menargetkan penghasilan usaha mikro dan kecil (UMKM) di bawah naungannya bisa mencapai Rp352 miliar.

Timothy Darren, Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) bukaPO, startup pre-order untuk masakan rumahan, menargetkan penghasilan usaha mikro dan kecil di bawah naungan platform bukaPO bisa menembus Rp 352 miliar dalam 18 bulan ke depan.

"Selama ini, bukaPO berhasil menjual lebih dari Rp 115 miliar produk usaha mikro rumahan dengan sistem pre-order (pesanan ketika barang belum tersedia), kendati platform ini baru beroperasi di Bali, Surabaya, dan Sidoarjo," paparnya dalam keterangan resmi, Senin (13/11/2023).

Dengan demikian, target total penjualan usaha rumahan melalui platform bukaPO tersebut melesat 206% dari realisasi pendapatan usaha rumahan dalam setahun terakhir.

Timothy Darren mengatakan selama bukaPO berdiri sejak tahun 2021, perusahaan sudah berhasil menjual lebih dari 4 juta produk usaha mikro rumahan dengan sistem pre-order kendati baru beroperasi di tiga wilayah.

“Semenjak didirikan pada saat pandemi Covid-19, bukaPO fokus pada dampak sosial dan berhasil memberikan dampak baik secara langsung dan tidak langsung kepada lebih dari 3.000 pengusaha,” kata Darren.

Dia juga mengatakan, sistem pre-order sebetulnya memiliki banyak keunggulan, di antaranya dapat memberdayakan sebanyak 3.500 usaha mikro dan di sisi lain peduli lingkungan dengan mengurangi food waste (limbah makanan) sebesar lebih dari 100-ton.

Darren mengungkapkan bahwa di Indonesia ada lebih dari 2 juta usaha rumahan yang memerlukan sistem pre-order. Dengan sistem pre-order atau yang juga sering dikenal dengan sistem Open PO siapa saja bisa bisa menjadi entrepreneur.

Perusahaan terus fokus kepada pemberdayaan manusia dengan konsep ‘KitaSatu’, di mana sesama merchant saling membantu menjual produk mereka dan produk merchant lainnya dengan sistem komisi dan penggabungan pelanggan di dalam platform bukaPO.

Selain itu bukaPO secara mingguan rutin juga mengadakan program edukasi di berbagai aspek dan juga memberikan fasilitas foto profesional secara gratis kepada para merchant-merchant-nya.

Dengan adanya hasil survey di mana pilihan karier generasi muda yang kebanyakan ingin menjadi wirausaha, Darren meyakini bahwa usaha dengan sistem pre-order akan berkembang secara pesat dalam waktu-waktu mendatang.

Hal ini karena dengan sistem ini tidak perlu modal yang besar dan risiko keuangan juga hampir tidak ada. Tak hanya itu, hampir semua orang bisa belajar memasak dari keluarga atau melalui sosial media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper