Menkominfo Minta Bakti Kebut Pembangunan BTS 4G hingga Utilisasi Palapa Ring

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 24 Oktober 2023 | 12:12 WIB
Foto udara salah satu Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Sobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022).
Foto udara salah satu Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Sobo, Ngada, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) untuk memacu penggelaran infrastruktur telekomunikasi di tertinggal, terdepan dan terluar (3T) termasuk terkait utilisasi Palapa Ring

Budi Arie mengintruksikan secara intensif berkoordinasi dengan Satgas Bakti Kominfo dalam penuntasan pembangunan infrastruktur di wilayah 3T, serta tetap memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Budi juga meminta meminta kepada Danny Januar Ismawan, Direktur infrastruktur Bakti yang baru, untuk memberikan perhatian khusus pada penyelesaian Pembangunan BTS, kepastian operasionalisasi Satelit Satria-1, penyediaan akses internet, dan peningkatan utilisasi Palapa Ring.

Palapa Ring adalah sistem komunikasi kabel bawah laut yang berperan sebagai jaringan tulang punggung di sejumlah wilayah yang belum mendapat akses internet. Proyek ini terbagi menjadi tiga yaitu Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur. 

“Dalam kesempatan ini, saya juga mengingatkan agar peran masterplan infrastruktur telekomunikasi dapat segera disusun oleh Direktorat Jenderal PPI bersama Bakti. Dengan target telah terselesaikan laporan awal tentang roadmap transformasi digital di Indonesia,” kata Budi dikutip, Selasa (24/10/2023). 

Sekadar informasi, Kemenkominfo hanya memiliki waktu sekitar 12 bulan untuk menuntaskan berbagai program prioritas nasional di sektor komunikasi dan Informatika.

Budi melakukan mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama agar mesin birokrasi harus berjalan gesit dan tetap pruden sebagai bagian dari upaya penuntasan program prioritas tersebut.

Budi melantik empat orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo.  

Empat pejabat yang dilantik antara lain I Nyoman Adhiarna, Slamet Santoso, Bonifasius W. Pudjianto, dan Bambang Dwi Anggono.  

Masing-masing kini menempati posisi Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika, Direktur Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika dan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo. 

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 453 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil ke dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Kominfo yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2023.

Selanjutnya Danny Januar Ismawan menjadi Direktur Infrastruktur BLU Bakti Kementerian Kominfo dengan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 453 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 29 September 2023.

Budi mengharapkan melalui pelantikan hari ini, komitmen seluruh pejabat untuk mendorong reformasi manajemen yang lebih andal bisa makin kuat. 

Secara spesifik, kepada seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama yang hadir menyaksikan pelantikan, Budi menekankan pesan serius untuk menjadi perhatian bersama terkait penyerapan anggaran. 

“Perlu saya garisbawahi bahwa penyerapan anggaran Kementerian Kominfo T.A. 2023 baru mencapai sepertiga dari PAGU yang kita miliki. Sekali lagi, semua satuan kerja untuk segera melakukan percepatan secara pruden,” kata Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper