Melihat Visi Misi Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Lewat AI ChatGPT 4.0

Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan Calon (Paslon) Anies Rasyid Baswedan - Abdul Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah menjabarkan data visi misi masing-masing. AI ChatGPT 4.0 merangkum dan coba membandingkan visi misi kedua paslon. 

Sebuah akun X Ainun Najib telah meringkas visi misi Capres dan Cawapres dari mata AI versi ChatGPT 4.0 yaitu Indonesia Adil Makmur untuk Semua dan Menuju Indonesia Unggul. 

Lantas bagaimana intisari masing-masing visi tersebut? Berikut penjelasannya:

Indonesia Adil Makmur

Anies-Cak Imin, menurut AI, memiliki cita-cita besar untuk Indonesia pada 2045, bukan hanya sebagai slogan. Tujuannya adalah untuk membuat Indonesia meraih kejayaan saat memperingati 100 tahun Proklamasi Kemerdekaan. Mereka ingin Indonesia menjadi negara yang maju, merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Selain itu, capres dan cawapres ini menekankan pentingnya menghargai sejarah perjuangan Indonesia. Dari perlawanan terhadap penjajah, seperti Sultan Hasanuddin di Perang Makassar, I Gusti Ketut Jelantik yang melindungi Pulau Dewata dari serangan Belanda, hingga perjuangan rakyat Papua untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Mereka percaya bahwa perjuangan bangsa Indonesia harus berlanjut.

Anies-Cak Imin juga percaya pada Tuhan Yang Maha Esa dan menekankan pentingnya kerja keras. Mereka juga menyoroti pentingnya kecerdasan yang emosional dan spiritual.

Ringkasan dari kecerdasan buatan mengungkapkan bahwa pasangan Visi misi ini menunjukkan rasa hormat yang mendalam terhadap para leluhur Indonesia yang telah berjuang untuk tanah air. Para leluhur ini dianggap sebagai pejuang yang sadar atas tanggung jawabnya.

Tak hanya itu, pasangan capres dan cawapres tersebut melanjutkan pembukaan visi-misinya dengan konteks Indonesia dan dunia saat ini, yang memiliki beberapa point diantaranya kemakmuran yang belum merata.

Meskipun Indonesia kaya akan sumber daya alam, manfaatnya seringkali tidak dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil.

Terdapat kesenjangan kemakmuran antar pulau dan antar daerah di Indonesia. Para pendiri bangsa dan pemimpin-pemimpin sebelumnya telah menanamkan fondasi yang kuat, tetapi masih ada tantangan dalam mewujudkan keadilan sosial dan kemakmuran bagi semua

Sementara itu untuk visi misi Ganjar-Mahfud, mesin AI menangkap sejumlah intisari yang ingin digapai oleh Ganjar Pranowo - Mahfud MD. 

Ganjar-Mahfud ingin memastikan perekonomian Indonesia bergerak cepat dan efisien, serta bersaing di tingkat global. Keduanya juga berfokus di bidang budaya, dengan mendorong integrasi antara tradisi dan modernitas serta semangat gotong royong.

Menurut ringkasan AI, Ganjar menaruh perhatian pada beberapa isu geopolitik yang dihadapi Indonesia. AI juga mengidentifikasi tantangan dalam kualitas sumber daya manusia, ketidaksetaraan sosial, isu-isu ekonomi, dan perubahan iklim dalam visi misi Ganjar. 

Ganjar menaruh perhatian pada tantangan di sektor teknologi, termasuk potensi digital Indonesia yang besar.

Permasalahan struktural yang diangkat adalah perihal isu-isu demografi, perubahan iklim, dan ketergantungan pada sumber daya alam. Tantangan dalam menjaga demokrasi dan keadilan sosial serta perlunya mendorong inovasi teknologi untuk menghadapi tantangan masa depan.

Sisi positif dari visi misi Ganjar-Mahfud adalah dokumen visi misi mengulas secara mendalam aspek penting dari pemerintahan, termasuk ekonomi, kebudayaan, dan tantangan global.

Ganjar-Mahfud juga menekankan tentang inklusivitas dan penciptaaan kesempatan bagi seluruh masyarakat, termasuk mereka yang kurang mampu.

@Ainunnajib mengingatkan diakhir cuitannya bahwa analisis di atas bersifat umum berdasarkan informasi yang diberikan dan mungkin memerlukan konteks lebih lanjut untuk pemahaman penuh. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper