Cara Buat Konten Masuk FYP TikTok, Tips Langsung dari Pakarnya

Rika Anggraeni
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 14:59 WIB
Producer Live Commerce & Content Creator Maya Ulfina (kanan baju hijau) dalam acara BM Day #GrowingTog3ther bertajuk Belajar Cuan: Ngeracik Konten FYP di Relief Sarinah, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).
Producer Live Commerce & Content Creator Maya Ulfina (kanan baju hijau) dalam acara BM Day #GrowingTog3ther bertajuk Belajar Cuan: Ngeracik Konten FYP di Relief Sarinah, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Video yang masuk ke dalam laman For Your Page (FYP) di aplikasi TikTok merupakan dambaan bagi setiap konten kreator atau content creator. Bahkan, konten video ini pun bisa mendatangkan cuan.

Producer Live Commerce & Content Creator Maya Ulfina menuturkan untuk memproduksi konten dan masuk beranda FYP, hal terpenting yang dibutuhkan untuk membuat konten adalah mencari ide.

Maya yang juga merupakan salah satu producer di RANS Entertainment menyampaikan cara untuk mendapatkan ide adalah dengan survei.

“Cari ide yang beda, dan ide yang beda itu nggak yang besar, justru ide yang kecil bisa membuat. Hal yang simpel itu yang bisa diikuti banyak orang itu yang bisa FYP. Terkadang kita melupakan hal-hal kecil, ambil peluang dari hal-hal yang simpel. Jangan menyepelekan hal yang kecil,” kata Maya dalam acara BM Day #GrowingTog3ther bertajuk Belajar Cuan: Ngeracik Konten FYP di Relief Sarinah, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Setelah ide, seorang content creator harus menulis naskah. Hal ini dilakukan agar terarah dan terstruktur agar menarik banyak orang. Diikuti dengan alat dan produksi, mulai dari background hingga setting tempat.

“Setelah itu upload [konten] dan rajin lihat insight, buat rangkuman sendiri, dan lihat algoritma,” ujarnya.

Maya menyebut, membuat konten video di zaman sekarang juga bisa meraup cuan. Pasalnya, konten video ini bisa disalurkan di platform sosial media dan sosial commerce.

Berikut adalah tips dan formula meracik konten video:

1. Ikuti isu yang sedang tren, seperti kuliner makanan, tempat nongkrong, hingga fashion.
2. Tentukan konten dan audiens yang dibuat.
3. Buat durasi pendek. Durasi antara 45 detik—1 menit.
4. Buat konten yang berkaitan dengan kehidupan sehari-haru.
5. Prioritaskan konten yang berkualitas.
6. Tambah hashtag dan musik yang populer.
7. Upload konten pada jam 12.00-13.00, 18.00-20.00, atau 22.00-24.00.
8. Konsisten memproduksi konten.

“Kunci dari semua ini adalah konsisten. Bikin dari hal-hal kecil dan rajin, karena akan membuat algoritma naik,” tambah Maya.

Formula Konten Masuk FYP:

Selanjutnya, Maya menambahkan bahwa formula agar konten masuk FYP dan mendatangkan cuan adalah melalui hook di 3 detik pertama. Sebab, 3 detik pertama di video ini menentukan audiens akan bertahan atau tidak.

“Buat 3 detik ini penasaran, karena 3 detik pertama ini yang menentukan,” imbuhnya.

Adapun video terakhir diakhiri dengan ajakan atau berinteraksi dengan audiens karena akan semakin tinggi algoritma.

Maya pun menyarankan kepada content creator awam agar lebih baik mengunggah karya video setiap hari 1 video, atau 3–4 kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper