Telkomsel Jaga Kualitas Jaringan Saat KTT AIS Forum 2023, Tambah Kapasitas BTS 5G

Rahmad Fauzan
Selasa, 10 Oktober 2023 | 12:15 WIB
Petugas memperlihatkan hasil perhitungan kecepatan jaringan di aplikasi mobile/dok. Telkomsel
Petugas memperlihatkan hasil perhitungan kecepatan jaringan di aplikasi mobile/dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memastikan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh lokasi Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States Forum (KTT AIS) Forum 2023 di Bali berjalan dengan optimal.

Salah satu strategi yang dilakukan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. itu adalah dengan meningkatkan kapasitas BTS 5G.

Rangkaian kegiatan KTT AIS Forum 2023 digelar di sejumlah lokasi, meliputi Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Centre (BICC) sebagai area utama, 9 titik vital lainnya yang menjadi venue pendukung.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan optimalisasi jaringan dilakukan dengan meningkatkan cakupan, kapasitas jaringan, dan kualitas konektivitas di 55 BTS 4G/LTE serta 11 BTS 5G eksisting. 

Telkomsel juga menambahkan 16 BTS 4G/LTE dan 3 BTS 5G, serta 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 4 unit BTS Easy Macro selama rangkaian KTT AIS Forum berlangsung.

“Kami berkomitmen berkontribusi mendukung kelancaran dan kenyamanan konektivitas digital bagi para tamu kehormatan negara, delegasi, panitia, serta media yang menghadiri rangkaian pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 di Bali,” kata Nugroho dalam siaran pers, Selasa (10/10/2023).

Perusahaan, sambungnya, menyediakan produk dan layanan digital seperti Kartu Prabayar Tourist dengan kuota data hingga 25 GB, menyediakan layanan pelanggan di sejumlah titik lokasi seperti bandara, media center, GraPARI, hingga booth di venue utama BNDCC.

Pos layanan bertujuan melayani kebutuhan registrasi Kartu Prabayar Tourist dan IMEI perangkat mobile, paket data dan isi ulang pulsa, pembelian layanan konvergensi Telkomsel One, aktivasi layanan jaringan 5G, serta aktivasi layanan digital lifestyle Telkomsel, seperti MAXstream, Dunia Games, dan lain sebagainya.

Di samping itu, layanan international roaming disiapkan melalui kerja sama dengan 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia, di mana 51 perusahaan telekomunikasi tersebut berasal dari seluruh negara delegasi KTT AIS Forum.

Kerja sama tersebut mencakup 4G/LTE Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan beberapa negara.

Sejauh ini, Telkomsel telah menggelar ratusan BTS di kawasan destinasi super prioritas utama seperti Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, dengan jaringan 4G dan 5G.

Sebagai informasi, Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States Forum (KTT AIS Forum) yang berlokasi di Bali berlangsung pada 10-11 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper