XL Axiata (EXCL) Gandeng CIMB Niaga (BNGA), Octo Pay Bakal Terintegrasi dengan MyXL

Redaksi
Rabu, 20 September 2023 | 16:39 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu XL Center di Jakarta, Minggu (30/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk,. (EXCL) menjalin sinergi dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) yang membuat produk dompet digital CIMB Niaga, Octo Pay, dapat digunakan melalui MyXL.

Sinergi tersebut juga melahirkan banyak inovasi yang bermanfaat bagi masing-masing perusahaan dan pelanggan. Kerja sama strategis keduanya ditandai dengan Penandatanganan MoU XL Axiata dan CIMB Niaga, pada Rabu (20/09/2023) 

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan XL Axiata menyambut baik kerja sama strategis dengan CIMB Niaga. Hal ini sejalan dengan keinginan perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memberikan manfaat lebih bagi pelanggan setia XL Axiata dan masyarakat Indonesia.

Dia mengatakan kerja sama yang terjalin akan mempermudahkan pelanggan XL Axiata dapat mengakses layanan perbankan, seperti pembukaan tabungan, e-wallet (Octo Pay), diskon langganan melalui aplikasi myXL. 

“Makin meningkatnya digitalisasi industri jasa keuangan, yang didukung juga oleh makin banyak pelanggan yang menggunakan saluran digital ke bank, perusahaan telekomunikasi memiliki posisi yang tepat untuk menawarkan layanan keuangan melalui infrastruktur jaringan yang dimiliki, salah satunya XL Axiata," kata Dian di Jakarta, Rabu (20/9/2023). 

Untuk diketahui, Octo Pay adalah uang elektronik yang dapat menyimpan saldo, melakukan transaksi perbankan sehari-hari, hingga tarik tunai tanpa kartu dengan cara menggunakan nomor ponsel. Dahulu Octo Pay bernama Rekening Ponsel. 

Pada Desember 2022, jumlah pengguna Octo Mobile, yang di dalamnya ada Octo Pay, mencapai 2,5 juta. Sementara itu, Aplikasi myXL adalah sebuah aplikasi self-care untuk pelanggan XL Prabayar dan XL Go Izi. 

Melalui kerja sama ini, XL Axiata dan CIMB Niaga akan mengoptimalkan infrastruktur dan jaringannya untuk mampu menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan atau konsumen dalam bertransaksi perbankan dan mengakses layanan digital.

CIMB Niaga berpeluang mengakuisisi nasabah baru yang saat ini menjadi pelanggan XL Axiata. Tercatat hingga kuartal II/2023, XL Axiata melayani sekitar 58 juta pelanggan. 10 persen dari jumlah tersebut, sekitar 5,8 juta orang.

Sementara itu XL Axiata juga berpeluang meraih pelanggan baru dari nasabah CIMB Niaga, maupun para pegawai bank berwarna merah itu. 

"Kerja sama dan kolaborasi ini juga bisa terus dikembangkan sehingga selain bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak, juga akan bisa meningkatkan daya tarik bagi pelanggan atau nasabah," tambah Dian. 

Sementara itu, Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan kedua perusahaan memiliki peran penting di tengah perubahan perilaku masyarakat yang banyak menggunakan layanan digital baik untuk kebutuhan komunikasi maupun transaksi keuangan. 

Integrasi layanan CIMB Niaga dan XL Axiata selain menjadi pendorong pertumbuhan bisnis kedua perusahaan, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap perekonomian nasional. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper