Siapa Sam Altman? Bos ChatGPT yang Dapat Golden Visa dari Indonesia

Taufan Bara Mukti
Selasa, 5 September 2023 | 09:15 WIB
CEO OpenAI tanya jawab dengan awak media di Jakarta, Rabu (14/6/2023)/Bisnis.com-Leo Dwi Jatmiko
CEO OpenAI tanya jawab dengan awak media di Jakarta, Rabu (14/6/2023)/Bisnis.com-Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - CEO OpenAI, perusahaan yang menaungi ChatGPT, Sam Altman, menjadi Warga Negara Asing (WNA) pertama yang mendapat golden visa dari Pemerintah Indonesia.

Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengatakan bahwa Sam Altman menerima golden visa dengan sub kategori tokoh dunia dan memiliki masa tinggal selama 10 tahun di Indonesia.

Menurutnya, Sam Altman adalah tokoh dunia yang merupakan CEO dan Co-Founder dari OpenAI yang merupakan perusahaan riset dan penerapan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan di Amerika Serikat yang memiliki misi memastikan AI bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

"Pemberian Golden Visa terhadap Sam Altman menjadi bentuk konkret peran Ditjen Imigrasi untuk menyukseskan pembangunan ekosistem Artificial Intelligence di Indonesia," tutur Silmy Karim dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Sam Altman akan mendapat beberapa privilige dengan memegang golden visa dari Indonesia, di antaranya adalah jalur pemeriksaan dan layanan prioritas di bandara, jangka waktu tinggal lebih lama, kemudahan keluar dan masuk Indonesia, serta efisiensi karena tidak perlu lagi mengurus Itas (Izin tinggal terbatas) ke kantor imigrasi.

Menurut Silmy, golden visa tersebut sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 tahun 2023 serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 tahun 2023.

Lalu siapakah sebenarnya Sam Altman yang terkenal berkat ChatGPT ini? Berikut ulasan profilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper