Kemenkominfo HUB.ID Ciptakan Investasi Baru Rp152 miliar untuk Startup

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 4 September 2023 | 15:48 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - HUB.ID, program Kemenkominfo untuk memperluas bisnis startup, telah menciptakan penambahan investasi baru senilai lebih dari US$10 juta atau Rp152,4 miliar (kurs:Rp15.238) kepada perusahaan rintisan atau startup binaan hingga semester I/2023. 

Pada 2022, Hub.ID juga menggelar HUB.ID Summit dengan yang memfasilitasi 80 startup digital dan 80 venture capital serta berhasil menciptakan 800 pertemuan bisnis.

Upaya untuk meningkatkan bisnis startup Indonesia pun diperluas dengan menggelar HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 dan HUB.ID Accelerator Partner Day x NexBe Fest 2023.

Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo I Nyoman Adhiarna mengatakan melalui HUB.ID, Kemenkominfo berkomitmen untuk terus mendorong akselerasi transformasi digital Tanah Air. 

Dia mengatakan dengan merangkul berbagai pemangku kepentingan dalam kolaborasi bersama Nexticorn, Kemenkominfo ingin lebih memperluas pengembangan ekosistem digital agar makin banyak startup digital yang bertumbuh dan juga berkembang. 

“Khususnya pada startup early-stage binaan HUB.ID dengan mempertemukan mereka dengan investor baik di ranah lokal maupun global,” kata Nyoman, Senin (4/9/2023). 

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 merupakan sebuah upaya kolaboratif antara Kemenkominfo melalui program berkelanjutan yaitu HUB.ID dengan Nexticorn Foundation, sebuah organisasi advokasi independen untuk  ekosistem startup, teknologi, dan modal ventura di Indonesia. 

Kegiatan dalam bentuk konferensi dan business matchmaking ini diharapkan menjadi titik temu yang dapat mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia dengan membuka akses pertemuan antara venture capital global dan startup teknologi dari skala early stage, growth, sampai dengan late stage. 

Acara ini juga diharapkan dapat melahirkan pendanaan di startup Indonesia yang saat ini masih berada pada musim dingin teknologi. 

DealStreetAsia Data Ventage mengungkapkan bahwa pada kuartal II/2023 nilai pendanaan startup di Asia Tenggara turun 58,6 persen secara tahunan dari US$5,13 miliar (Rp78 Triliun) pada kuartal II/2023 menjadi U$2,13 miliar pada kuartal II/2023. 

Dari jumlah tersebut, Startup di Indonesia mengumpulkan US$327 juta. Dealstreet juga mencatat hanya 52 startup di Asia Tenggara yang mendapat pendanaan hingga kuartal II/2023, atau turun 45 persen secara tahunan. 

Sementara itu, Founding Board Member Nexticorn Foundation David Rimbo menyampaikan dengan HUB.ID yang berfokus pada early-stage startups dan Nexticorn yang berfokus pada growth-stage startups, acara HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 diharapkan dapat menghadirkan menjangkau secara keseluruhan startup yang akan berpartisipasi. 

“Kami berharap untuk dapat secara bersama-sama menghadirkan solusi terkait tantangan-tantangan yang dihadapi sektor startup teknologi dan modal ventura saat ini dan di masa depan melalui HUB.ID Summit X Nexticorn 2023,” kata David.

David mengatakan memasuki tahun kelimanya, Nexticorn Summit pada tahun 2022 telah berhasil mempertemukan 300+ founders dan C-Level dari startup terbaik Indonesia yang telah terkurasi, menghadirkan 250+ partners dan principals dari venture capitals baik di ranah lokal maupun global. 

Nexticorn Summit 2022 juga menciptakan 800 sesi business matchmaking selama dua hari terselenggaranya konferensi.

“Melalui Summit kali ini, kami juga ingin menggali lebih dalam lanskap saat ini dan potensi teknologi masa depan yang akan membentuk dan mendorong industri teknologi di Indonesia, Asia Tenggara, dan seluruh dunia di tahun-tahun mendatang.” kata David. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper