Telkom (TLKM) Tambah Datacenter Edge di Sumatra, 30 Persen Kapasitas Telah Terisi

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 24 Agustus 2023 | 14:45 WIB
Datacenter Telkom neuCentrIX di Lampung/dok.Telkom
Datacenter Telkom neuCentrIX di Lampung/dok.Telkom
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menghadirkan pangkalan data atau data center neuCentrIX baru di Sumatra, Lampung dan langsung terisi 30 persen pada awal kehadirannya. 

EVP Telkom Regional I Area Sumatra Djatmiko mengatakan terisinya 30 persen dari rack neuCentrIX Tanjung Karang menandakan bahwa infrastruktur digital tersebut mendapat respons positif dari ekosistem digital area Lampung.

Data center mini neuCentrIX ini merupakan yang kelima di Pulau Sumatra

“neuCentrIX Tanjung Karang telah dibangun dengan menerapkan kriteria 3S (Simple, Standard, dan Secure),” kata Djatmiko, dikutip Kamis (24/8/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono memaparkan bahwa Telkom Indonesia telah bertransformasi melalui kehadiran neuCentrIX yang membawa value netral. 

Telkom membukan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki kepada seluruh pelaku industri digital baik dari dalam dan luar negeriuntuk bergabung bersama neuCentrIX. 

Lebih lanjut Bogi mengajak kepada seluruh pelaku industri digital untuk bersama survive di tengah kehadiran OTT (Over The Top) dengan semangat tumbuh bersama melalui data center netral yang didukung dengan infrastruktur konektivitas ke content, internet exchange, CDN (Content Delivery Network) hingga tercapai kemandirian digital.

“Dengan adanya neuCentrIX Tanjung Karang, diharapkan dapat Telkom dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas telekomunikasi dan eksosistem IT di wilayah Lampung,” kata Bogi. 

Telkom berupaya hadir lebih dekat dengan masyarakat untuk memberikan pengalaman terbaik menggunakan internet kecepatan tinggi dan akses produk digital melalui pembangunan data center di 23 lokasi yang tersebar di 17 kota besar di Indonesia. 

Sebelumnya, Telkom juga meresmikan komersialisasi neuCentrIX Palembang dan hingga saat ini telah berdiri 5 data center wilayah Sumatra yaitu di kota Medan, Batam, Pekanbaru, dan Palembang.

Pada semester I/2023, Telkom membukukan pendapatan dari data center dan komputasi awan sebesar Rp837 miliar. Secara total, Telkom mengoperasikan punya 30 data center per Juni 2023, lima di antaranya berada di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper