Elon Musk Bocorkan Konsep Bagi Hasil di X (Twitter), Hindari Ujaran Kebencian

Crysania Suhartanto
Rabu, 9 Agustus 2023 | 12:15 WIB
Ilustrasi logo Twitter dan foto Elon Musk./Reuters-Dado Ruvic
Ilustrasi logo Twitter dan foto Elon Musk./Reuters-Dado Ruvic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Platform media sosial X (dahulu bernama Twitter) membagikan honor atau bagi hasil iklan dan lain sebagainya kepada pengguna centang biru. Namun tidak semua pengguna mendapatkan honor dari X. Elon Musk, pemilik platform X, pun membeberkan pengguna yang berhak mendapat honor dari X. 

Dikutip dari akun @elonmusk, Rabu (9/8/2023), Elon menyampaikan bahwa bagi hasil hanya berlaku bagi pengguna yang dapat menarik iklan untuk beriklan di akun tersebut.

Artinya, jika tidak ada iklan yang berhasil ditarik oleh pengguna, maka tidak ada bagi honor yang diberikan oleh X kepada pengguna centang biru. 

“Anda dapat menemukan pengiklan yang ingin beriklan di samping konten Anda, lalu Anda mendapatkan bagi hasil.  Kita tidak bisa membuat mereka melakukan ini,” tulis Elon dalam akunnya. 

Sementara itu, akun @krassentein mengungkapkan terdapat beberapa formula yang dapat digunakan pengguna untuk menarik uang dari X. Pengguna harus dapat membuat dialog yang mengalir, diskusi, hindari ujaran kebencian, hindari serangan pribadi terhadap orang, diskusikan tentang masalah bukan orang dan tanggapi komentar orang. 

“Kemudian Tweet tentang hal-hal yang penting. Ikuti pedoman tersebut dan Anda harus melakukannya dengan baik di sini,” tulis Krassentein. 

Sebelumnya, X, platform media sosial milik taipan Elon Musk, mulai menebar honor kepada para pengguna centang biru. Salah satu pegguna bahkan mendapat US$15.339 atau sekitar Rp223 juta (kurs: Rp15.201). 

Angka tersebut diketahui dari akun bernama @EdKrassen. Dalam unggahannya Krassen mengatakan bahwa satu bulan lagi dirinya mendapat pembayaran dari Twitter/X, sebagai bagi hasil iklan dan lainnya. 

“Siapa yang mengira Anda bisa menghasilkan uang sebanyak ini hanya dengan memposting tentang berita dan pendapat Anda di media sosial?” tulis Krassen dalam akunnya, dikutip Rabu (9/8/2023). 

Selain Krassen, akun @afrkml juga mendapat honor Twitter/X. Nilainya tidak seberapa jika dibandingkan dengan Krassen. Hal tersebut disebabkan @afrkml sempat menghapus Twitter birunya. 

“Agak nyesel waktu itu berhenti subs Twitter Blue, tetapi tidak apa-apa,Ini backdated dari Februari soalnya. Jadi kalau sudah Blue sejak Februari mah bisa dapat puluhan juta,” tulis @afrkml. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper