Ketersediaan 5G di India Melesat dalam 9 Bulan

Rahmi Yati
Kamis, 13 Juli 2023 | 18:33 WIB
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketersediaan teknologi generasi kelima atau 5G di India melesat cukup signifikan dalam kurun waktu 9 bulan sejak diluncurkan Oktober 2022.

Berdasarkan laporan Opensignal, meski terbilang baru meluncur, ketersediaan jaringan 5G di India meningkat signifikan hingga mencapai 29,9 persen, hampir mendekati Singapura (30 persen) dan Amerika Serikat (31 persen).  

Tidak hanya itu, 5G di negara tersebut juga sudah menunjukkan adanya peningkatan yang nyata dari teknologi sebelumnya, yakni 4G.  

"Di enam negara, rata-rata kecepatan pengunduhan 5G lebih dari 10 kali kecepatan 4G: India [19,2x], Malaysia [14,4x], Sri Lanka [13,8x], Brasil [13,5x], Kuwait [10,8x], dan Guatemala [10,4x]," demikian dikutip dari laporan tersebut, Kamis (13/7/2023).

Opensignal menilai teknologi jaringan 5G yang baru memang terus menawarkan kecepatan pengunduhan rata-rata dunia nyata yang luar biasa baik yang berkali-kali lipat lebih cepat daripada kecepatan pengunduhan rata-rata 4G. 

Bahkan, Kecepatan Unduhan 5G Mutlak juga sangat cepat. Di Korea Selatan, rata-rata kecepatan unduh 5G adalah yang tercepat di dunia dengan 432,5Mbps diikuti oleh Singapura (376,8Mbps), Brasil (346,4Mbps), dan Malaysia (322,7Mbps).

Adapun saat peluncuran 5G pertamanya, Perdana Menteri India Shri Narendra Modi mengatakan 5G dibutuhkan oleh penyedia layanan telekomunikasi di bidang Pendidikan, Kesehatan, keselamatan pekerja, pertanian cerdas, dan lainnya.

Tonggak sejarah ini juga membuka kemungkinan besar bagi India dengan teknologi berteknologi tinggi dan membuka jalan untuk membawa transformasi di bidang-bidang penting termasuk pertanian, kesehatan, pendidikan, transportasi, logistik, kota pintar, Industri 4.0 dan inklusi keuangan, serta lainnya. 

Sementara itu, laporan OpenSignal menunjukkan bahwa Korea Selatan dan Puerto Riko memimpin dalam Ketersediaan 5G di seluruh dunia dengan pengguna 5G di pasar ini mendekati setengah dari waktu yang dihabiskan dengan koneksi 5G aktif dengan skor masing-masing 42,9 persen dan 48,4 persen. India sendiri masuk dalam 10 besar dengan skor mencapai 29,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper