Program Pemerataan Digital HP Indonesia Sentuh 10 Juta Orang

Afiffah Rahmah Nurdifa
Jumat, 7 Juli 2023 | 20:22 WIB
Ilustrasi kantor HP/HP.com
Ilustrasi kantor HP/HP.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - HP Inc., perusahaan teknologi global mengumumkan inisiatif pemerataan digital melalui institusi pendidikan yang digencarkan perusahaannya telah menyentuh lebih dari 10 juta orang di Indonesia.

Managing Director HP Indonesia, Choon Teck Lim, mengatakan inisiatif pendidikan HP di Indonesia telah dimulai sejak 2015 dan berkontribusi terhadap target global perusahaan untuk mendorong peningkatan pembelajaran bagi 100 juta orang pada 2025. 

Pada 2022, HP telah melampaui target globalnya dengan menjangkau 103,9 juta siswa dari berbagai usia yang mendapatkan manfaat dari inisiatif dan solusi pendidikan HP.

“Sektor pendidikan Indonesia adalah yang terbesar keempat di dunia, dengan lebih dari 40 juta siswa di 38 provinsi," kata Choon Teck Lim dalam siaran pers, Jumat (7/7/2023). 

HP bekerja sama dengan stakeholder di bidang pendidikan dengan memberdayakan seluruh ekosistem pendidikan, seperti para guru, lingkungan sekolah, para orang tua, serta para pelajar dari berbagai usia.

Salah satu kerja sama yang dijalin HP adalah bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) untuk program virtual learning series Semangat Guru. 

"Sejak 2021, program ini meningkatkan kemampuan para guru dan tenaga pendidik di Indonesia, sehingga mereka dapat beradaptasi dalam transformasi digital dan pembelajaran hybrid," ujarnya. 

Inisiatif lainnya yang dilakukan HP yaitu Transformasi Pembelajaran Inovatif (Tpi), sebuah kerangka kerja transformasi digital pendidikan abad ke-21 yang mendesain ulang ruang kelas dan lingkungan belajar untuk memperkenalkan pengalaman inovatif. 

"Untuk mendorong dampak yang lebih besar, semua pemangku kepentingan di sektor pendidikan harus bekerja sama untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamis sehingga kita dapat mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua,” jelasnya. 

HP telah mempercepat pemerataan digital untuk lebih dari 21 juta orang dan akan mencapai 150 juta orang pada 2030.

Tak hanya dari segi pemerataan digital, HP dalam laporan terbarunya bertajuk HP Sustainable Impact Report 2022 menjelaskan detail kemajuan HP menuju berbagai target komprehensif dan ambisius dalam bidang lingkungan dan sosial.

Salah satunya yakni aksi untuk iklim serta keberagaman dan inklusivitas di Indonesia. Melalui kerja sama dengan Project STOP untuk membentuk sistem pengelolaan limbah sirkular di Jawa Timur, HP telah mengumpulkan sekitar 5.800 ton plastik hingga akhir 2022.

Dalam perekrutannya, HP mengutamakan keragaman dengan rata-rata 40 persen kandidat perempuan telah dipertimbangkan untuk semua posisi terbuka. 

HP telah mengurangi jejak karbon absolutnya sebesar 18 persen sejak 2019, sehingga mendekati pencapaian nol emisi karbon dari hulu ke hilir pada tahun 2040.

"Kami telah mengurangi kemasan plastik sekali pakai sebesar 55 persen dibandingkan tahun 2018," ujarnya. 

Dalam laporan tersebut juga menunjukkan HP telah berkontribusi pada  deforestasi untuk 32 peraen dari semua kertas yang digunakan dalam produk dan layanannya, serta sedang menuju sasaran untuk menetralkan deforestasi untuk 100 perarn kertas yang dipakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper