Iklan Instagram Berasal dari Data Pengguna, Begini Cara Amankan Data

Lydia Tesaloni Mangunsong
Rabu, 5 Juli 2023 | 20:15 WIB
Instagram
Instagram
Bagikan

1

Algoritma Instagram juga mencatat pola aktivitas pengguna, mulai dari unggahan yang disukai, komentar yang ditinggalkan, unggahan yang tersimpan, hingga lama waktu yang pengguna habiskan untuk melihat suatu unggahan.

Untuk mencegah Instagram mempelajari pola aktivitas, pengguna juga bisa rutin menghapus unggahan tersimpan.

2. Matikan lokasi

Jika ingin memasukkan keterangan lokasi ke suatu unggahan, pengguna perlu mengaktifkan GPS pada perangkat yang dipakai. Ketika GPS aktif, Instagram automatis mengetahui lokasi pengguna saat itu.

Pengguna dapat menonaktifkan GPS segera setelah selesai menambahkan keterangan lokasi di unggahan yang diinginkan. Ketika tidak dibutuhkan, pengguna dapat terus menonaktifkan GPS selagi berselancar di Instagram.

3. Mengatur setelan iklan

Pengguna dapat menyembunyikan iklan yang tidak dilihatnya dengan mengetuk lambang tiga titik di sudut kanan atas iklan, lalu pilih sembunyikan iklan. Namun, sesungguhnya hal tersebut membantu Instagram memetakan pola aktivitas pengguna dengan lebih baik.

Pengguna dapat membuka menu setelan dan memilih opsi iklan. Kemudian, pengguna akan melihat preferensi iklan yang telah dipetakan Instagram berdasarkan pola aktivitas pengguna. Pengguna dapat memilih agar informasi yang dihimpun Instagram tidak mempengaruhi iklan yang muncul.

4. Gunakan perangkat dan email yang berbeda

Opsi terakhir yang bisa dilakukan pengguna selain berhenti menggunakan Instagram adalah menjalankan Instagram di perangkat dan email yang berbeda. Dengan begitu, Instagram tidak dapat mengakses aktivitas lain selain di perangkat yang digunakan untuk menjalankan Instagram.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper