Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Salma Permata Dewi
Minggu, 2 Juli 2023 | 12:37 WIB
Ilustrasi UFO
Ilustrasi UFO
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - UFO merupakan salah satu benda langit misterius yang dipercaya oleh beberapa orang, bahkan memiliki pangkalan militernya sendiri, yakni Area 51.

Beberapa mengatakan bahwa UFO adalah miliki makhluk luar angkasa atau alien.

Dilansir dari Mint, Hari UFO Sedunia berlangsung 2 Juli yang merupakan hari ini.

Perayaan ini bertujuan untuk mempromosikan berkumpulnya orang-orang yang tertarik mengamati langit untuk benda terbang tak dikenal atau UFO.

Biasanya, orang-orang merayakan hari ini dengan berpartisipasi dalam konvensi UFO, melakukan penelitian UFO, dan melihat dokumenter tentang UFO.

Haktan Akdogan, seorang peneliti UFO dari Turki, pada 2001 mendirikan Hari UFO Sedunia secara resmi. Awalnya, hari UFO dirayakan pada 24 Juni untuk memperingati penampakan UFO pertama yang dilaporkan di Amerika Serikat.

Namun, tanggal tersebut kemudian diubah menjadi 2 Juli, bertepatan dengan penampakan UFO yang signifikan yang terjadi di Washington, DC pada 2 Juli 1952.

Berikut adalah 10 penampakan UFO yang pernah dilaporkan di seluruh dunia dilansir dari SpyScape.

1. Lintasan Yellowknife - 2023, Kanada

Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Pengendali lalu lintas udara dan pilot Kanada tidak dapat mengidentifikasi dua lampu putih yang bergerak dalam pola melingkar yang dilaporkan di Wilayah Barat Laut Kanada pada 2023.

Tepat pada 29 Januari 2023, seorang awak penerbangan Kanada Utara menuju ke Yellowknife bertanya pada pengawas lalu lintas udara mengenai dua pesawat yang dilihatnya. Pengawas lalu lintas menjawab bahwa dia tidak mendapatkan laporan lalu lintas di area yang dimaksud.

"Ya, kami sedang melihat dua lampu menari-nari di sekitar sini, di sebelah timur bidang Anda... Mereka di atas kami, kira-kira, saya tidak tahu apa . Kami tidak melihatnya di TCAS (sistem penghindaran tabrakan lalu lintas). Namun, kami bisa melihat lampunya bergerak-gerak,” jelas pilot tersebut. “Kami tidak gila,” lanjutnya.

2. Insiden Lampu Phoenix - 1997, Arizona, AS

Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Pada 1997, banyak saksi melaporkan melihat benda besar berbentuk segitiga terbang di atas Phoenix, Arizona. Objek itu digambarkan berukuran besar, diam, dan memancarkan serangkaian cahaya.

Terlepas dari banyak saksi mata dan bukti fotografi, Insiden Phoenix Lights tetap menjadi topik perdebatan dan spekulasi. Beberapa percaya bahwa benda itu adalah pesawat militer rahasia, sedangkan yang lain percaya bahwa itu adalah pesawat luar angkasa.

3. Insiden Hutan Rendlesham - 1980, Suffolk, Inggris

Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Insiden ini terjadi di Inggris pada 1980 di dekat pangkalan militer gabungan AS-Inggris Bentwaters dan RAF Woodbridge. Menurut saksi mata, perwira militer menemukan benda bercahaya tak dikenal di hutan yang digambarkan sebagai logam. Saksi mata juga melaporkan ada simbol aneh terukir di permukaan objek dan mengklaim bahwa setelah pertemuan itu, mereka merasakan efek fisik dan psikologis. Meskipun ada penyelidikan resmi oleh militer, Insiden Hutan Rendlesham tetap tidak dapat dijelaskan.

4. Gulf Breeze Six - 1987-1988, Angin Teluk, Florida

Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Gulf Breeze Six mengacu pada serangkaian penampakan UFO yang terjadi di Gulf Breeze, Florida pada akhir 1980-an. Menurut catatan, enam penduduk Florida mengaku telah menemukan serangkaian benda terbang aneh, termasuk pesawat besar berbentuk segitiga. Meskipun ada penyelidikan resmi, tidak ada jawaban yang jelas.

5. Insiden UFO Westall - 1966, Melbourne, Australia

Ini Dia 10 Penampakan UFO Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Insiden UFO Westall terjadi di Melbourne, Australia pada tahun 1966. Para saksi melaporkan bahwa melihat sebuah benda besar berbentuk cakram terlihat melayang rendah di langit di atas sebuah sekolah di pinggiran Westall. Objek itu digambarkan diam dan memancarkan cahaya terang dan dilaporkan mendarat sebentar di lapangan terdekat sebelum lepas landas lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper