Trafik Gim di XL Axiata (EXCL) Meningkat, Kontribusi Masih Rendah

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 2 Juli 2023 | 08:30 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatatkan pertumbuhan trafik gim data pada Juni 2023 seiring dengan makin banyak pelanggan yang bermain gim.

XL berkomitmen untuk terus memberikan kualitas layanan terbaik dengan meningkatkan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki. 

Group Head Corporate Communications XL Axiata Retno Wulan mengatakan pada Juni 2023 kontribusi trafik data dari layanan gim di jaringan XL Axiata belum terlalu besar kurang dari 8 persen.

Namun demikian, tren pertumbuhan trafiknya cenderung mengalami peningkatan dari periode tahun sebelumnya. Sayangnya, Wulan tidak menyebutkan pertumbuhan trafik data secara tahunan tersebut. 

“Pertumbuhan didorong oleh makin meningkatnya jumlah pelanggan yang mengakses beberapa game online seperti Mobile Legend dan game online lainnya,” kata Wulan kepada Bisnis, Minggu (2/7/2023). 

Sama seperti operator seluler lainnya, XL belum merilis laporan keuangan terbaru. Namun, merujuk pada presentasi korporasi kuartal I/2023 total trafik data di perseroan mencapai 2.204 Petabyte (PB) atau tumbuh 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

XL Axiata melayani 57,9 juta pelanggan dengan 93,3 persen dari jumlah tersebut merupakan pengguna 4G. Sebagian dari pengguna 4G tersebut turut menyumbang pada trafik gim di XL. 

Wulan mengatakan setelah pandemi, tren trafik layanan gim terus mengalami kenaikan. Perbedaannya hanya pada lokasi akses saja, di mana pada saat pandemi lokasi akses sebagian besar terpusat di residential sedangkan saat ini sudah lebih menyebar.

XL Axiata, kata Wulan, terus berupaya meningkatkan kenyamanan pelanggan pada saat mengakses layanan gim dengan memacu cakupan layanan dan kualitas jaringan data. 

Pembangunan untuk perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G dan juga fiberisasi terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Secara total, pada kuartal I/2023 jumlah BTS 4G yang dioperasikan XL Axiata mencapai 94.380 BTS 4G atau bertambah sekitar 10.000 BTS 4G secara tahunan. 

“Selain itu, XL Axiata juga terus menjajaki kerja sama dengan beberapa developer game, serta tentunya menyediakan paket layanan data untuk mengakses game dengan harga yang kompetitif,” kata Wulan. 

  XL Axiata berharap dengan terus meningkatnya cakupan layanan dan kualitas data serta kemudahan akses, pelanggan akan makin nyaman dan meningkat dalam mengakses berbagai gim daring. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper