Ini Pesan Menyentuh CEO Grab Anthony Tan saat PHK 1.000 Karyawan

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 21 Juni 2023 | 16:48 WIB
Mitra pengemudi Grab di Vietnam./Bloomberg
Mitra pengemudi Grab di Vietnam./Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Grab Holdings Limited, platform layanan on demand yang bermarkas di Singapura, melakukan restrukrisasi organisasi di seluruh wilayah operasional, dan menjadi yang terbesar yang pernah dilakukan Grab. Total lebih dari 1.000 karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), termasuk di Indonesia. 

Sebelum melakukan PHK, CEO Grab Antony Tan mengirim pesan menyentuh kepada seluruh karyawan Grab atau yang biasa disapa Grabbers. 

Berikut kutipan lengkap pesan Antony Tan:

Teman-teman Grabbers,

Hari ini saya harus menyampaikan berita yang sulit. Kita akan berpisah dengan lebih dari 1,000 Grabbers.

Pemberitahuan ini kami sampaikan selepas jam kerja agar Anda memiliki ruang dan waktu pribadi untuk mencerna kabar ini.

Saya paham bahwa ini adalah keputusan yang sulit diterima. Untuk ini, saya mengambil tanggung jawab sepenuhnya, dan karenanya ijinkan saya untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana kita sampai pada titik ini.

Tuntutan masa depan

Pertama-tama, saya ingin tegaskan bahwa kita bukan melakukan ini sebagai jalan pintas menuju profitabilitas. Selama dua tahun terakhir ini kita konsisten mengelola biaya di semua area operasional dan dalam meningkatkan efisiensi platform.

Sebagai hasilnya, pendapatan kita meningkat setiap kuartal sejak kuartal pertama 2022. Dengan atau tanpa perampingan ini, kita sudah berada di jalur tepat untuk mencapai titik impas (breakeven) Group Adjusted EBITDA tahun ini.

Namun meskipun penting, batu loncatan profitabilitas kita hanya merupakan satu langkah dalam perjalanan yang lebih panjang. Fokus kita adalah jalan yang ada di depan.

Kita harus bisa beradaptasi di manapun kita berada. Perubahan tak pernah terjadi secepat sekarang. Teknologi seperti Generative AI terus berevolusi dengan luar biasa cepat. Biaya modal mengalami peningkatan, yang berdampak langsung pada lanskap persaingan.

Berkat kontribusi semua, saat ini kita telah tumbuh besar dan berada di posisi terbaik untuk meraih peluang-peluang pertumbuhan baru yang substansial.

Untuk dapat mengoptimalkan peluang-peluang ini secara efektif, kita harus memadukan skala yang kita miliki dengan eksekusi yang gesit dan penyediaan layanan dengan biaya yang seefisien mungkin, sehingga kita dapat secara berkelanjutan menyediakan layanan yang semakin terjangkau, memperluas penetrasi pasar dan melayani mitra pengemudi dan merchant dengan lebih baik.

Karena inilah selama setahun terakhir ini kita mempertajam fokus. Kami yakin bahwa perubahan mendasar di model operasional dan struktur pembiayaan dibutuhkan untuk dapat tetap kompetitif dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tujuan utama langkah ini adalah untuk secara strategis melakukan reorganisasi, agar kita dapat bergerak lebih cepat, bekerja lebihcerdas, dan melakukan pemerataan ulang semua sumberdaya di portfolio, sejalan dengan strategi jangka panjang kita.

Restrukturisasi akhirnya muncul sebagai langkah yang berat namun mutlak, untuk menempatkan Grab di jalur yang tepat menuju masa depan dengan jangka yang lebih panjang.

Dukungan untuk para Grabbers terdampak

Saya paham bahwa tidak sedikit pun dari penjelasan ini dapat mendamaikan perasaan Anda saat ini.

Kami berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi beratnya beban rekan-rekan Grabbers yang akan berpisah dengan menyediakan dukungan finansial, profesional dan juga medis sebagai berikut:

●  Pembayaran tunjangan pengakhiran hubungan kerja berdasarkan hitungan jumlah yang lebih besar diantara setengah bulan gaji untuk setiap 6 bulan masa kerja yang telah diselesaikan, atau berdasarkan pedoman perundangan lokal; 

●  Pembayaran goodwill berupa bonus/insentif dan/atau ekuitas (saham) yang seharusnya didapat akan tetap diberikan; 

●  Pencairan cuti tahunan yang belum digunakan serta GrabFlex yang belum terpakai; 

●  Perpanjangan Asuransi Kesehatan dengan cakupan penuh berlaku sampai akhir tahun,
sesuai dengan ketentuan dan syarat perusahaan asuransi setempat; 

●  Pencairan cuti hamil/melahirkan terhitung sejak tanggal terakhir bekerja bagi personil
wanita yang sedang hamil atau pria dengan istri yang sedang hamil; 

●  Bonus bagi Grabbers yang perannya dibutuhkan selama masa transisi; 

●  Dukungan Keberlanjutan Individu dan Dukungan Transisi Karir berupa 1 tahun LinkedIn
Premium untuk berjejaring, peluang karir dan talent directory, 1 tahun akses LinkedIn Learning untuk pengembangan individu, serta dukungan berupa sesi pembinaan transisi karir dengan profesional berpengalaman; 

●  Dukungan psikologis berupa perpanjangan akses Grabber Assistance Programme hingga akhir tahun ini; 

●  Dukungan repatriasi (bagi Grabbers yang memiliki izin kerja di negara lain); 

●  Opsi untuk memiliki laptop yang sebelumnya digunakan oleh Grabbers terkait.


Bagaimana kita terus melangkah ke depan?

Perubahan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, dan keputusan berat ini diambil oleh jajaran kepemimpinan dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian. Fokus utama kita saat ini adalah untuk membantu rekan-rekan yang terdampak selama masa transisi ini, dan seperti yang telah disampaikan, kita berkomitmen untuk memberikan dukungan dan bantuan untuk melalui masa ini. 

Mengetahui bahwa ini adalah langkah yang harus diambil tidak menghapus kesedihan yang saya rasakan.

Bagi Grabbers yang akan berpisah dengan kita, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas waktu dan kontribusi yang telah Anda berikan, dan untuk semua dampak positif yang telah Anda ukir bagi misi kita bersama. Selamanya saya akan menghargai seluruh kontribusi yang Anda berikan, dan mengenang kebersamaan kita sebagai rekan satu tim.

Dengan tulus, Anthony

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper