Intel Rilis Prosesor 13th Gen Intel Core Mobile dan Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable, Ini Spesifikasinya!

Restu Wahyuning Asih
Minggu, 18 Juni 2023 | 14:00 WIB
Intel luncurkan Prosesor 13th Gen Intel Core Mobile dan Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable di Indonesia/Intel Indonesia
Intel luncurkan Prosesor 13th Gen Intel Core Mobile dan Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable di Indonesia/Intel Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Intel Indonesia resmi meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core mobile terbaru, yang menghadirkan kinerja dan pengalaman yang unggul dalam platform mobile.

Pihaknya juga memperkenalkan proseor 4th Gen Intel Xeon Scalable (Sapphire Rapids) yang dirancang untuk data center modern, AI, cloud, jaringan dan edge, serta superkomputer.

Setidaknya hingga kini sudah lebih dari 40 desain laptop yang menggunakan 13th Gen Intel Core dari brand-brand terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan MSI, yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp10 jutaan. 

Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel untuk Southeast Asia, South Asia and ANZ Simon Chan mengatakan bahwa pihaknya sangat senang bisa merilis prosesor generasi baru ini di Indonesia. 

“Kami sangat senang dapat menghadirkan prosesor 13th Gen Intel Core mobile terbaru kami hari ini di Indonesia, yang kini melengkapi keluarga prosesor 13th Gen kami, sehingga para gamer, kreator, dan enthusiast dapat mengalami kinerja berkaliber tinggi di semua segmen laptop. Kami juga bersemangat untuk memperkuat industri data center Indonesia yang sedang berkembang dan mengatasi kebutuhan komputasi berbagai perusahaan di sini dengan Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable terbaru, mulai dari kinerja dan efisiensi hingga keamanan dan keberlanjutan, karena Indonesia tengah mengakselerasi pengadopsian digital dan memenuhi meningkatnya kebutuhan terhadap layanan cloud," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (15/6/2023).

Spesifikasi 13th Gen Intel Core Series 

Kepemimpinan Prosesor 13th Gen Intel Core Desktop berlanjut dengan hadirnya keluarga barunya pada Desember 2022 lalu. Di mana Intel meluncurkan keluarga prosesor 13th Gen Intel® Core™ dengan peluncuran prosesor desktop “K” yang sudah unlocked di Indonesia, termasuk prosesor desktop tercepat di dunia1: 13th Gen Intel® Core™ i9-13900K.

Melengkapi keluarga prosesor desktop 13th Gen, SKU 35 watt dan 65 watt yang baru ini memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna PC mainstream untuk efisiensi daya, sambil tetap memberikan performa luar biasa dalam gaming, berkreasi, dan produktivitas.

Untuk terus mendukung peluang komputasi bagi penikmat gadget, Prosesor 13th Intel Core H-series hadir dengan performa mobile terdepan di Industri. 

Prosesor ini meliputi prosesor 24-core pertama untuk laptop – flagship Intel Core i9-13980HX, prosesor mobile tercepat di dunia.

Sehingga ketika dikombinasikan dengan fitur unik seperti dukungan untuk memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik di kelasnya dan PCIe Gen 5, prosesor 13th Gen HX bisa membuat platform game mobile terbaik yang bisa dinikmati. 

Dan dengan jumlah desain laptop HX yang ditenagai prosesor 13th Gen Intel Core mobile jumahnya lima kali lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunaan prosesor 12th Gen, pengguna dapat memilih di antara 60 desain HX untuk melakukan streaming, berkreasi, dan bersaing di level tertinggi.

Kemudian ada juga Prosesor 13th Gen Intel Core P-series dan U-series mobile yang sempurna untuk mereka yang menginginkan performa tinggi saat bepergian, dengan sistem-sistem yang ramping dan tipis.

Untuk pertama kalinya, desain tertentu berbasis prosesor 13th Gen Intel Core akan menampilkan Intel Movidius vision processing unit (VPU). Sebagai hasil dari kreasi yang erat dengan Microsoft di Windows Studio Effects barunya, berbagai task yang sangat mengandalkan AI dan diperlukan untuk kolaborasi dan streaming tingkat professional dapat dipindahkan ke VPU, sehingga CPU dan GPU bisa berfokus pada beban-beban kerja lain atau multitasking.

Prosesor 13th Gen Intel Core mobile yang baru meningkatkan kinerja untuk para enthusiast design generasi berikutnya, laptop thin-and-light, foldable, 2 and 1, serta form factor lainnya.

Untuk IoT edge, prosesor 13th Gen Intel Core menghadirkan beragam fitur industri yang baru, temperature operation yang lebih luas, dan CPU berperforma lebih tinggi, dengan lebih banyak kemampuan grafis dan performa AI.

Prosesor ini ideal untuk sektor retail, pendidikan, kesehatan, kedirgantaraan, industri, dan smart city, prosesor baru ini memberikan konsolidasi beban kerja yang lebih baik berkat core dan thread yang lebih banyak, sehingga memungkinkan berbagai aplikasi berjalan di satu perangkat.

Prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable

selanjutnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper