Udara Jakarta Tidak Sehat, Ini 10 Kota dengan Udara Terburuk

Muhammad Ridwan
Senin, 12 Juni 2023 | 13:41 WIB
Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters
Polusi udara Jakarta. Gambar diambil menjelang Asian Games tahun lalu./Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kualitas udara di Kota Jakarta terpantau pada level tidak sehat pada Senin (12/6/2023). Namun, apakah kualitas udara di Ibu Kota merupakan yang terburuk di dunia yang disebabkan oleh polusi?

Berdasarkan data IQAir, kualitas udara Jakarta yang buruk tidak termasuk dalam 10 daftar kota dengan kualitas udara terparah sepanjang tahun lalu.

Situs tersebut melaporkan, kualitas udara terburuk berada di kota Lahore, Pakistan dengan konsentrasi partikulat (pm) melampaui lebih dari 10 kali panduan World Health Organization (WHO).

Selanjutnya, kota dengan kualitas udara terburuk nomor dua adalah Hotan, sebuah kota di China yang juga memiliki tingkat pm lebih dari 10 kali panduan WHO sepanjang tahun lalu.

India tercatat menjadi negara yang memiliki kota dengan kualitas udara terburuk paling banyak sepanjang tahun lalu. Setidaknya 6 dari 10 kota terburuk di Indonesia berada di India.

Kota Bhiwadi misalnya, menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor 3 pada 2022 diikuti dengan Delhi pada peringkat keempat.

Kota lainnya di India adalah Darbhanga yang menempati urutan keenam kota dengan kualitas udara terburuk disusul Asopur pada peringkat ketujuh pada sepanjang 2022.

New Delhi dan Patna menempati posisi kesembilan dan kesepuluh dalam peringkat kota dengan kualitas udara terburuk tahun lalu.

Sementara itu, 2 kota dalam urutan 10 kota dengan kualitas udara terburuk lainnya adalah Peshawar di Pakistan pada peringkat lima dan N'Djamena di Chad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper