WhatsApp Beta Rilis Fitur Baru, Kirim Foto HD Tanpa Pecah

Rahmi Yati
Jumat, 9 Juni 2023 | 16:54 WIB
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp Beta merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna berkirim foto dengan resolusi gambar berkualitas High Definition (HD) lewat laman chat dengan kualitas asli tanpa pecah.

Pengguna WhatsApp memang kerap mengeluhkan kualitas gambar yang pecah saat berkirim foto melalui aplikasi tersebut. Pengguna hanya dapat mengirim gambar dengan ukuran file dikecilkan (compress).

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (9/6/2023), kemungkinan fitur ini masih terus diuji WhatsApp Beta hingga pekan ini. Namun setelah itu, fitur ini akan segera tersedia bagi pengguna secara umum dalam beberapa waktu mendatang.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna WhatsApp Beta perlu mengupdate aplikasi beta mereka ke versi iOS 23.11.0.76 dan Android 2.23.12.13. Nantinya setelah melakukan pembaruan, akan muncul opsi baru dalam bentuk ikon dengan tulisan "HD" beserta ikon pengaturan kecil di pojok kiri bawah ketika ingin mengirim foto dalam ukuran besar.

Dilaporkan bahwa opsi ini akan muncul secara otomatis ketika pengguna memilih foto HD untuk dikirimkan. Namun, pengiriman dalam kualitas HD harus diaktifkan secara manual.

Apabila tidak diaktifkan, pengiriman akan dilakukan dengan format standar seperti biasa, bukan di kualitas HD. Perlu dicatat bahwa meskipun dimensi atau ukuran foto tetap dipertahankan maksimal, akan dilakukan sedikit kompresi untuk memastikan pengiriman yang efisien.

Penerima gambar atau foto dengan resolusi tinggi akan melihat label "HD" di pojok kanan bawah saat menerima gambar dalam ukuran besar. Lebih lanjut, fitur ini hanya berlaku untuk berkirim foto melalui aplikasi chatting atau kolom chat.

Sementara unggahan foto untuk pembaruan status masih tetap dengan kualitas sama seperti versi perangkat lunak sebelumnya. Artinya, fitur pembaruan status tidak bisa menikmati kemampuan foto HD ini.

Selain itu, belum ada perluasan ke fitur berbagi video. Untuk mengirim video dalam kualitas tinggi atau HD, pengguna masih perlu menggunakan fitur atau opsi "dokumen".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper