Berikut 7 Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Bisa Ditemui

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 | 16:26 WIB
7 Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Bisa Ditemui (pixabay)
7 Hewan Terbesar di Dunia yang Masih Bisa Ditemui (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hewan terbesar di dunia selalu menarik perhatian banyak orang. Ada banyak jenis hewan terbesar di dunia, dari darat, laut, hingga udara. Beberapa contohnya gajah, paus biru, hiu paus, dan burung unta. 

Meskipun ukurannya besar, banyak dari hewan tersebut justru terancam punah. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar hewan yang ukurannya paling besar di dunia. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Hewan Paling Besar di Dunia

Ternyata masih ada juga hewan terbesar di dunia dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran hewan sejenisnya. Berikut ini beberapa hewan dengan ukuran terbesar yang masih ada di dunia ini. 

1. Paus Biru

Di posisi pertama ada paus biru yang menjadi hewan terbesar di dunia. Paus biru menjadi mamalia laut terbesar dengan ukuran 33 meter dan beratnya bisa mencapai 181 ton lebih. Paus biru kebanyakan dijumpai di Samudera Pasifik hingga Samudra Hindia.

2. Hiu Paus

Hiu Paus menjadi hewan terbesar kedua setelah paus biru. Ukuran dari hiu paus mencapai 12 meter dan bahkan beratnya mencapai 21 ton lebih.

Hewan besar ini memiliki tampilan yang menyeramkan karena struktur mulutnya moncong dan sangat besar saat terbuka. Pada bagian atas badan terdapat warna hitam dengan corak bintik-bintik dengan warna putih. Hewan terbesar di dunia banyak dijumpai di lautan tropika karena hewan ini menyukai suhu hangat.

3. Gajah Semak Afrika

Hewan terbesar di dunia selanjutnya ada Gajah Semak Afrika. Hewan ini bisa dijumpai di dataran benua Afrika. Gajah Semak Afrika memiliki ukuran yang lebih besar dari Gajah Hutan Afrika. Tingginya mencapai 3,3 meter, panjang 7,5 meter, dan beratnya mencapai 6 ton.

4. Cumi-cumi Raksasa

Cumi-cumi raksasa dengan panjang mencapai 13 meter dan beratnya bisa mencapai 1 ton lebih. Cumi-cumi raksasa dikenal dengan nama giant squid. Hewan ini tinggal di laut dalam, sehingga akan sangat sulit untuk menjumpai hewan ini. Meskipun demikian, cumi-cumi raksasa ini tersebar di lautan di dunia.

5. Kepiting Laba-laba Jepang

Hewan paling besar di dunia selanjutnya yaitu kepiting laba-laba Jepang dengan ukuran mencapai 4 meter dan beratnya sampai 20 kg lebih. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri yaitu ukuran kaki yang panjang.

Kepiting ini banyak dijumpai di Jepang terutama di wilayah lautan selatan Kepulauan Honshu. Sedikit sulit untuk menemukan hewan terbesar ini karena mereka tinggal di laut dengan kedalaman mencapai 50-600 meter.

6. Buaya Muara

Hewan terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya muara dengan ukuran mencapai 7 meter dan beratnya bisa 2 sampai 3 ton. Buaya muara banyak tinggal di daerah sungai yang dekat dengan lautan atau sering dijuluki buaya air asin. 

Hewan ini hampir tersebar di seluruh dunia. Buaya muara ini sangat aktif dan bisa memangsa siapapun.Jenis buaya ini merupakan buaya yang ganas dan berbahaya bagi manusia.

7. Beruang Kutub

Di posisi ke-7 ada beruang kutub yang menjadi hewan dengan ukuran tubuh yang besar. Hewan ini memiliki panjang mencapai 2,7 meter dan berat hingga 600 kg. Beruang kutub merupakan salah satu mamalia darah yang berbahaya dan menjadi karnivora terbesar di daratan. 

Selain tubuhnya yang besar, beruang kutub juga memiliki indra penciuman yang tajam. Hewan ini bahkan bisa mencium aroma bangkai dari jarak 30 km. 

Itulah 7 hewan terbesar di dunia yang masih bisa ditemui sampai saat ini. Sekilas hewan-hewan tersebut sangat menyeramkan dan berbahaya. Akan tetapi, kita tetap harus melestarikan hewan tersebut agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper